Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Jateng Bakal Lelang 11 Jabatan Tinggi

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bakal melakukan lelang 11 jabatan tinggi pada pekan depan.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Antara
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Antara

Bisnis.com, SEMARANG—Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bakal melakukan lelang 11 jabatan tinggi pada pekan depan.

Dikutip dari siaran resmi, 11 jabatan yang dibutuhkan adalah Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Moewardi Surakarta, Wakil Direktur Umum RSUD Moewardi Surakarta, Wakil Direktur Keuangan RSUD Moewardi Surakarta.

Selanjutnya, Direktur RSUD Prof Dr Margono Soekardjo Purwokerto, dan Direktur Rumah Sakit Jiwa Daerah Amino Gondohutomo Semarang.

Selain itu, ada pula jabatan Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jateng, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jateng, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Jateng.

Selanjutnya, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Jateng, Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Jateng, dan Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Jateng

“Kita-kira ada 11 (jabatan) kosong. Karena ada tradisi dalam rekrutmen di Pemprov Jateng dengan promosi terbuka atau lelang jabatan, kami akan lakukan lagi hal yang serupa,” kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Minggu (10/11/2019).

Ganjar menegaskan lelang jabatan nantinya akan digelar secara terbuka. Siapapun dan dari daerah manapun, boleh mengikuti lelang jabatan itu yang dibuka pada minggu depan.

Sampai saat ini, sudah ada beberapa dari provinsi lain yang menanyakan tentang lelang jabatan itu, termasuk dari kabupaten/ kota di Jateng yang juga sudah menyatakan ingin mendaftar.

“Kita persilakan semuanya untuk ikut proses. Silahkan daftar,” imbuhnya.

Ganjar mengatakan, proses lelang jabatan cukup ketat. Secara umum, tes meliputi ujian integritas, kompetensi dan pengalaman, jiwa kepemimpinan, serta kemampuan manajemen.

Selain itu, persoalan relasi sosial calon kandidat juga menjadi perhatian. Rekam jejak calon dengan bawahan, atasan, bahkan dengan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya akan ditelusuri.

“Bagaimana relasi dia dengan eks bawahannya, atasannya dan tetangga-tetangganya. Dengan penilaian itu, diharapkan orang yang kami pilih adalah orang yang punya relasi sosial baik dan nantinya tidak ada persoalan,” paparnya.

Sebagai informasi, Pemprov Jateng selama kepemimpinan Ganjar Pranowo selalu melakukan lelang jabatan untuk mengisi jabatan-jabatan penting. Banyak kejutan yang terjadi selama proses pemilihan itu.

Terbaru, seorang Camat di Kabupaten Tegal terpilih menjadi Kepala Biro Kesra Pemprov Jateng. Selain itu, ada pula Kepala Sekolah yang diangkat menjadi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper