Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wow, Acara Sportourism Xplore Purwokerto Akan Digelar 2 Kali Setahun

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan pihaknya mendukung penyelanggaraan Xplore Purwokerto.
Para pembalap sepeda beradu cepat pada etape kelima Tour de Singkarak (TdS) 2019 di Payakumbuh, Sumatra Barat, Rabu (6/11/2019)./Antara-Wahdi Septiawan
Para pembalap sepeda beradu cepat pada etape kelima Tour de Singkarak (TdS) 2019 di Payakumbuh, Sumatra Barat, Rabu (6/11/2019)./Antara-Wahdi Septiawan

Bisnis.com, SEMARANG - Setelah menggelar agenda perdana pada 2019, acara lintas sepeda bertajuk Xplore Purwokerto diharapkan dapat digelar setahun dua kali mulai 2020.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan pihaknya mendukung penyelanggaraan Xplore Purwokerto. Harapannya acara ini juga melibatkan unsur pemerintahan pada 2020, khususnya Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar).

“Kami buat rute baru lagi tahun depan. Jadi, dalam 1 tahun diadakan dua kali. The Tour Of Peninis sebagai rute reguler, dan panitia cari rute baru lagi untuk Xplore Purwokerto,” paparnya dalam siaran pers, Selasa (12/11/2019).

Rencananya, Xplore Purwokerto pada tahun depan diadakan akan diadakan sekitar Agustus 2020. Pada Sabtu (9/11/2019), Purwokerto untuk pertama kalinya menjadi kota dan tuan rumah ajang sportourism yang digelar oleh Komunitas Sepeda Lipat Purwokerto (SELIP). Jumlah peserta mencapai 930 orang, termasuk tamu mancanegara.

Acara bertajuk Xplore Purwokerto ini memiliki tema The tour of Peninis, karena rutenya yang sepanjang 53 km melewati salah satu tanjakan paling tinggi di Banyumas. Tanjakan itu adalah tanjakan Peninis yang berada di Baturraden, Banyumas.

Acara ini mengusung tema sportourism yang menyajikan jelajah wisata bagi para pesertanya, baik dari wisata alam, kuliner, dan wisata budaya. Dengan jalur yang telah ditentukan oleh panitia, para peserta dapat bersepeda sembari mejelajahi tempat-tempat yang menjadi ikon dari Purwokerto.

Jalur kegiatan tersebut yakni mulai start dari Halaman Pendopo Sipanji – alun alun purwokerto – Jl.Jend.Sudirman – Jl.Merdeka – Tugu Pembangunan Jl.Jend. Gatot Subroto – Jl.Bank – Underpas Jendral Sudirman – Pertigaan Porka ke utara – Unwiku – Beji – Karangnangka – Keniten.

Panitia juga menyediakan rest area atau yang disebut Pitstop di tiga titik. Pitstop pertama berada di lapangan Windujaya. Kemudian jalur dilanjutkan dengan Melung – Ketenger dan melewati tempat wisata bukit agaran dan batu warna melung, dengan Pitstop dua di Curug Bayan.

Rute kembali dilanjutkan melalui Bundaran Baturaden – wanawisata Baturaden dan Pitstop 3 di Telaga Sunyi. Setelah itu berlanjut rute dari Limpakuwus – Kutayasa – Kemutug – Mandala – Pabuaran – Jl. Sunan Ampel – Tambaksogra – Dukuhwaluh – Jl. Raden Patah – Jl. dr. Gumbreg – RS. Margono – Puteran Bundaran Monumen Gatot Subroto – Berkoh – Jl.Jend. Soedirman – Alun-Alun  dan kembali ke Pendopo Si Panji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Editor : Hendra Wibawa

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper