Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembebasan Lahan Tol Yogyakarta-Solo, Ini Tahapan Proyeknya

Sosialisasi proyek pembangunan jalan tol khususnya ruas Solo-Yogyakarta akan digelar mulai Desember mendatang. Warga terdampak yang diundang untuk sosialisasi akan mendapatkan undangan khusus.
Ilustrasi./Antara-Mohammad Ayudha
Ilustrasi./Antara-Mohammad Ayudha

Bisnis.com, SLEMAN - Sosialisasi proyek pembangunan jalan tol khususnya ruas Solo-Yogyakarta akan digelar mulai Desember mendatang. Warga terdampak yang diundang untuk sosialisasi akan mendapatkan undangan khusus.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY Krido Suprayitno mengatakan sosialisasi akan dilakukan secara bertahap dimulai dari sisi paling timur Sleman mulai Desember 2019 hingga Januari 2010. Tim akan memulai sosialisasi kepada warga dari Bokoharjo Prambanan, kemudian ke Tamanmartani, Selomartani, Tirtomartani dan Purwomartani Kalasan.

"Data-data warga terdampak sudah ada di desa. Mereka yang terdampak akan mendapatkan undangan untuk mengikuti sosialisasi," katanya saat sosialisasi rencana pembangunan jalan tol di Pemkab Sleman, Senin (18/11/2019).

Rata-rata sosialisasi digelar antara dua hingga tiga kali, tergantung luas lahan terdampak pembangunan. Adapun wilayah yang luas lahannya terdampak cukup besar, tim memberikan waktu sosialisasi digelar maksimal hingga enam kali pertemuan.

"Misalnya untuk Purwomartani yang ada junction (simpang susun) luas lahan terdsmpak sekitar 44 hektare, butuh sosialisasi lebih banyak. Tirtoadi, Mlati, sosialisasi lima kali juga karena ada junction," katanya.

Menurut Krido, masing masing kepala desa merupakan penanggungjawab sosialisasi kepada warganya. Mereka juga menjadi bagian dari tim persiapan pembangunan jalan tol yang dibentuk oleh Pemda DIY.

Trase jalan tol yang disosialisasikan kepada warga akan menjadi dasar penerbitan izin penetapan lokasi (IPL).

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Yogyakarta-Solo dan Yogyakarta-Bawen Totok Wijayanto mengatakan dalam tahap sosialisasi akan dilakukan inventarisasi jumlah tanah terlebih dahulu. Terkait rencana pembangunan jalan tol di DIY, total bidang tanah yang akan dibebaskan sekitar 1.744.068 meter persegi atau sebanyak 2.506 bidang.

"Adapun estimasi total investasi untuk ganti rugi lahan diperkirakan Rp5 triliun. Pembebasan lahan ini kami selesaikan selama 2020. Untuk konstruksi dimulai pada 2021 dengan target operasional pada 2024. Nilai investasi sebesar Rp25 triliun, ini khusus untuk tol Yogyakarta-Solo," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Harian Jogja
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper