Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uji Coba Malioboro Bebas Kendaraan Ditambah

Pemerintah Kota Yogyakarta kembali melakukan uji coba program Malioboro bebas kendaraan sebagai upaya untuk menyiapkan semi pedestrian.
Wisatawan memadati kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta/Antara-Andreas Fitri Atmoko
Wisatawan memadati kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta/Antara-Andreas Fitri Atmoko

Bisnis.com, SEMARANG – Pemerintah Kota Yogyakarta kembali melakukan uji coba program Malioboro bebas kendaraan sebagai upaya untuk menyiapkan semi pedestrian.

Jadwal uji coba bebas kendaraan di Malioboro akan terus ditambah. Selain Selasa Wage, bebas kendaraan akan dilakukan pada hari-hari biasa.

“Uji coba akan terus kami lakukan untuk bisa melihat kemungkinan penerapan semi pedestrian Malioboro, sekaligus uji coba ini untuk membuka masukan dari warga atau semua komunitas yang beraktivitas di sini,” kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti melalui siaran pers pada Rabu (20/11/2019).

Pihaknya juga berencana melakukan uji coba bebas kendaraan pada saat kondisi Malioboro dipadati pengunjung seperti hari libur atau akhir pekan.

Uji coba ini bertujuan supaya wisatawan bisa menikmati suasana Malioboro tanpa kendaraan yang melintas, tetapi tetap ramai dikunjungi pejalan kaki.

Oleh karena itu, Pemkot Yogyakarta telah menyiapkan lima jalan sirip yang bisa dilakukan sebagai akses masuk Malioboro tanpa harus melintasinya yakni Jalan Sosrowijayan, Gandekan, Beskalan, dan Perwakilan.

Di sisi lain, Haryadi berharap Malioboro bebas kendaraan bisa dijalankan secara penuh setiap hari selama 24 jam pada bulan Januari atau Februari tahun depan. Namun, tentu harus melihat kesiapan infrastruktur.

Di sisi lain, program bebas kendaraan Selasa wage masih akan terus dijalankan seperti biasanya karena sudah menjadi komitmen pedagang kaki lima agar tercipta suasana Malioboro yang bersih.

“Ini menjadi bagian penting karena selain infrastruktur marilah kita ciptakan suasana Maloboro yang bersih, tertib dan aman,” kata Hartadi.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif Nugroho menjelaskan saat ini masih dalam rangka uji coba mewujudkan Malioboro sebagai kasawan semi pedestrian.

“Uji coba semi pedestrian Malioboro ini, bulan depan dilakukan lagi jika tidak ada masalah, yang jelas uji coba ini untuk mengumpulkan data bagaimana perilaku lalu lintas,” tuturnya.

Uji coba ini, sambungnya, sekaligus digunakan untuk mengambil dasar pengambilan kebijakan. Sosialisasi dan pemberitahuan sudah dilakukan kepada masyarakat.

Selama uji coba,  jalan sirip di Malioboro diberlakukan dua arah. Namun, kendaraan tetap tidak boleh masuk ke Jalan Malioboro, kecuali Jalan Suryatmajan masih boleh melintas ke arah Jalan Pajeksan.

Uji coba dilakukan selama 12 jam yakni dari pukul 09.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB. Dalam pemantauan sementara, lalu lintas kawasan terbilang lancar.

“Dari pantauan uji coba hari ini, semua berjalan normal, lalu lintas di seputar kawasan masih lancar, kecuali saat peak hour nanti pasti akan ada penumpukan kendaraan,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler