Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 TBBM Pertamina Ujicoba Penggunaan B30 pada Produk Gasoil

Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Rewulu, TBBM Boyolali dan TBBM Balikpapan menjadi pilot project ujicoba B30 yang akan dimulai pada hari ini, Kamis 21 November, hingga 31 Desember 2019.
Label pada produk biosolar B30/Istimewa
Label pada produk biosolar B30/Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG - PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV wilayah Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta siap melaksanakan kebijakan pemerintah terkait mandatori penggunaan B30 pada produk Gasoil. 

Adapun, Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Rewulu, TBBM Boyolali dan TBBM Balikpapan menjadi pilot project ujicoba B30 yang akan dimulai pada hari ini, Kamis 21 November, hingga 31 Desember 2019.

“Kebijakan Ujicoba penggunaan 30 persen FAME (Fatty Acid Methyl Ester) pada bahan bakar gasoil akan diterapkan pada produk Dexlite dan Biosolar mengikuti arahan dari Kepmen ESDM No 227 Tahun 2019," ujar General Manager PT Pertamina MOR IV Iin Febrian melalui siaran pers yang diterima Bisnis, Kamis (21/11/2019).

Produk B0 atau produk dengan komposisi solar murni nantinya akan digunakan hanya pada produk Pertamina Dex. Beberapa pengecualian dapat diberlakukan pada Pembangkit Listrik yang menggunakan Turbine Aeroderivative, Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista). Terhadap pengecualian tersebut digunakan B0.

 “Mengenai harga. seperti penggunaan komposisi B20 sebelumnya, penggunaan B30 ini tidak akan mempengaruhi harga produk Dexlite saat ini, sesuai dengan peraturan pada Perpres no 24 tahun 2016 tentang Penghimpunan dan Penggunaan dana Perkebunan Kelapa Sawit yang menejelaskan bahwa patokan harga Biodiesel tetap akan mengacu pada indeks pasar minyak solar,” tambah Iin.

Pengunaan B30 tidak terbatas pada bahan bakar kendaraan melainkan juga pada Solar Industri. Secara teknis, pemberian 30 persen FAME kepada Dexlite dan Biosolar tidak akan mempengaruhi kualitas produk atau tidak mengurangi standar CN (Cetane Number) pada produk.

FAME diklaim memiliki soap effect yaitu dapat membersihkan saluran pembakaran dengan mengangkat endapan sisa pembakaran di saluran pembakaran kendaraan, sehingga memiliki karakter pembakaran yang relatif bersih atau ramah lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper