Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intensitas Hujan Tinggi, Ini Yang Dilakukan Ganjar Pranowo

Di tengah intensitas hujan yang cukup tinggi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah terus berbenah guna mengantisipasi potensi bencana banjir.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Antara
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Antara

Bisnis.com, SEMARANG - Di tengah intensitas hujan yang cukup tinggi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah terus berbenah guna mengantisipasi potensi bencana banjir.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek tiga rumah pompa di Kota Pekalongan. Ganjar mengatakan meski tiga pompa itu mampu menjangkau empat kecamata,penanganan banjir dan rob mesti terus dilakukan.

Kota Pekalongan menjadi salah satu daerah langganan banjir di Jawa Tengah terutama di Kecamatan Pekalongan Utara, Barat dan sebagian wilayah timur.

Ganjar menekankan karena luasnya wilayah terdampak, upaya penanggulangan dikerjakan secara gotong royong oleh pemerintah pusat, Pemprov Jateng dan Pemkot Pekalongan.

“Penanggulangan banjir mulai berjalan. Ada tanggul yang disiapkan pemerintah pusat, ada bantuan dari pemprov dan ada peran dari pemkot. Ini cara kita bersinergi mengurangi risiko bencana banjir,” kata Ganjar dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng, Jumat (3/1/2020).

Pemprov Jateng telah mengalokasikan Rp5,4 miliar untuk membangun tiga rumah pompa, yakni Kraton Kramat, Sutan Syahrir, dan Tirto pada tahun anggaran 2019. Dengan kapasitas 800 liter per detik per pompa, Ganjar yakin rumah pompa tersebut akan efektif mengurangi banjir maupun rob.

Selain menyiapkan rumah pompa, penanggulangan banjir dan rob di Kota Pekalongan juga meliputi pembangunan tanggul laut yang terdiri dari sheet pile atau dinding vertikal. Sheet pile berfungsi menahan tanah dan menahan masuknya air tanah. 

Sebanyak 260 tiang berjarak 260 meter dipasang di sepanjang pantai yang membentang di Desa Panjang Baru dan Panjang Wetan.

“Total pembiayaan dari Pemprov Jateng sebanyak Rp3,5 miliar. Setiap tiang pancang memiliki ketinggian mencapai 10 meter,” imbuh Ganjar.

Adapun infrastruktur penanggulangan banjir yamg telah dibangun pemerintah pusat di antaranya adalah Rumah Pompa Pabean. Rumah pompa itu mampu menjangkau empat kecamatan di Kota Pekalongan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler