Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kinerja Industri Logam & Mesin Jateng Terus Dipacu

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah tengah mendorong peningkatan kinerja industri logam, mesin, alat transportasi dan elektronika (Ilmate).
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 20 Februari 2020  |  19:38 WIB

Bisnis.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah tengah mendorong peningkatan kinerja industri logam, mesin, alat transportasi dan elektronika (Ilmate).

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah Herru Setiadhie mengungkapkan selama ini, industri di Jateng masih didominasi bidang manufaktur, makanan dan minuman, tekstil, kimian dan farmasi, serta kayu. Sedangkan Ilmate belum cukup optimal.

"Kami meminta kepada Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian RI turut mendorong bertumbuhnya perekonomian di Jateng tercapai 7% dengan mendongkrak Ilmate Jateng," tulis keterangan resmi Diskominfo Provinsi Jateng, Kamis (20/2/2020).

Herru juga menerangkan secara umum prospek pertumbuhan ekonomi cukup bagus. Dengan pertumbuhan di angka 5,41% pada 2019, pertumbuhan di Jateng naik dari tahun lalu yang hanya 5,31%.

Kendati demikian, Jateng juga memiliki tantangan. Konsentrasi pusat ekonomi khususnya Industri masih berada di sepanjang pantai utara (pantura) alias tidak merata.

"Masih rendah pula kemitraannya dengan industri kecil. Dari skala manajemen, masih terlalu fokus kualitas produk, sementara, pengelolaan perusahaan kurang diperhatikan,” Herru.

Adapun Jateng sendiri sedang mengejar target pertumbuhan ekonomi di angka 7% setidaknya dalam beberapa waktu ke depan. Upaya pencapaian target 7% ini nantinya akan didukung dengan pembangunan sejumlah kawasan industri baru di Jawa Tengah.

Selain Kendal dan Brebes, kawasan industri Batang, Kebumen, dan Rembang juga tengah dipersiapkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang optimal.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri jawa tengah
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top