Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cegah Penularan Corona, Pengunjung Rest Area Tol Trans Jawa Dibatasi hanya 50 Persen

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) membatasi jumlah pengunjung yang masuk ke tempat peristirahatan atau rest area di sepanjang Jalan Tol Trans Jawa.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 30 Maret 2020  |  17:52 WIB
Petugas Pertamina melayani pemudik saat membeli bahan bakar minyak di Rest Area KM 456, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (30/5 - 2019). Foto: Antara
Petugas Pertamina melayani pemudik saat membeli bahan bakar minyak di Rest Area KM 456, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (30/5 - 2019). Foto: Antara

Bisnis.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) membatasi jumlah pengunjung yang masuk ke tempat peristirahatan atau rest area di sepanjang Jalan Tol Trans Jawa.

Kebijakan ini ditempuh guna menekan penyebaran wabah Virus Corona atau Covid-19 di wilayah Jateng. Dengan berlakunya kebijakan tersebut, nantinya pengunjung rest area akan dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas yang ada.

"Pengunjung rest area dibatasi 50% dari kapasitas dan penerapan protokol kesehatan," ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga & Cipta Karya Provinsi Jateng Hanung Triyono saat dihubungi Bisnis, Senin (30/3/2020).

Hanung menjelaskan keputusan ini diambil dalam sebuah video conference dengan para stakeholder, terkait Protokol Penanganan Covid - 19 bagi Pengguna Jalan Tol, Jalan Nasional, dan Jalan Provinsi.

Jateng sendiri saat ini cukup was-was dengan tren melonjaknya warga yang mudik dari zona merah di kawasan Jabodetabek ke wilayah provinsi tersebut. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bahkan menyebut ada sekitar 100.000 warga Jateng dari tanah rantau telah kembali ke kampung halaman.

Peningkatan jumlah pemudik ini terutama yang berasal dari zona merah Covid-19, berpotensi membawa virus ke Jateng dan dengan sendirinya ikut mengerek jumlah warga Jateng yang terpapar virus dari Wuhan, China tersebut.

Oleh karena itu, lanjut Hanung, selain pembatasan pengunjung di tempat - tempat peristirahatan seluruh Jateng. Pemerintah Provinsi Jateng tetap menerapkan protokol kesehatan untuk penanganan Covid-19.

"Ini sedang berproses, [tetapi] teman-teman operator di Jateng sudah mulai," tukasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tol trans jawa Virus Corona covid-19
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top