Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kabar Baik, Aktivitas Kargo di Bandara Ahmad Yani Berangsur Normal

Aktivitas kargo di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani mulai berangsur pulih. Pemulihan aktivitas kargo ini ditandai dengan meningkatnya kargo yang masuk ke Semarang.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 09 April 2020  |  17:39 WIB
Bandara Ahmad Yani, Semarang - Antara
Bandara Ahmad Yani, Semarang - Antara

Bisnis.com, SEMARANG - Aktivitas kargo di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani mulai berangsur pulih. Pemulihan aktivitas kargo ini ditandai dengan meningkatnya kargo yang masuk ke Semarang.

Data Kantor Pengawasan & Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Emas menunjukkan jumlah kargo yang masuk selama Maret 2020 sebanyak 276 ton dengan total devisa senilai US$1,9 juta.

Secara umum, jumlah kargo yang masuk ke Bandara Ahmad Yani menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang hanya 191 ton. Namun dari sisi devisi, nilai devisa pada Maret 2020 lebih rendah dibandingkan dengan Februari yang tercatat senilai US$2,3 juta.

Kepala KPP BC Tipe Madya Pabean Tanjung Emas Anton Martin mengatakan tren giat via udara mencatatkan dua fenomena. Pertama, begitu terdampak COVID-19 dari jumlah penumpang menunjukkan tren menurun drastis apalagi pasca lockdown di negara tetangga.

"Termasuk ke depannya pasca policy keimigrasian terhadap warga negara asing yang masuk guna penanganan COVID-19 di negara kita," kata Anton kepada Bisnis, yang dikutip Kamis (9/4/2020).

Kedua, menurut Anton, untuk kargo barang terus mulai menunjukkan ada tren peningkatan pasca kembali lancarnya hub logistik kargo barang di sejumlah kawasan.

"Seperti di Hong Kong yang sebelumnya sempat membuat barang tujuan pabrikan (industri) ke Jateng tertahan," tukasnya.

Adapun dari catatan Bea Cukai, aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani pada Maret 2020 tercatat mengalami penurunan cukup signifikan. Jumlah penerbangan yang masuk tercatat sebanyak 38 atau anjlok dari sebelumnya 69. Dengan jumlah penumpang yang masuk sebanyak 3.679.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kargo udara bandara ahmad yani semarang
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top