Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Okupansi Hanya 4 Persen, Hotel di Yogyakarta Tetap Beroperasi

Masih ada hotel di Yoigyakarta yabng tetap beroperasi meski tingkat keterisian hanya 4 persen.
Suasana kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta./Antara-Andreas Fitri Atmoko
Suasana kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta./Antara-Andreas Fitri Atmoko

Bisnis.com, JAKARTA – Menghadapi wabah COVID-19, sektor perhotelan menjadi salah satu sektor yang harus berjuang paling berat. Di tengah wabah, tingkat kunjungan dan okupansi teramat tipis, tetapi ada beberapa hotel yang tetap beroperasi.

Hotel Manager Innside Yogyakarta Frieth Siahaan mengatakan bahwa saat ini hotelnya hanya memiliki tingkat okupansi 2 - 4 persen saja. Hal ini sebagai upaya agar hotel tetap mendapat penghasilan dan meyakinkan para karyawan bahwa tidak akan ada pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Di tengah masa sulit seperti ini pasti para karyawan ada ketakutan akan PHK. Dengan tetap beroperasi bisa memberi semangat sambil tetap bisa melayani wisatawan yang berkunjung maupun yang dari dalam Kota Yogyakarta,” ungkap Frieth saat dihubungi Bisnis pada Senin (13/4/2020).

Melihat kondisi di mana perjalanan sangat dibatasi, Frieth mengungkapkan masih ada yang mengunjungi hotel untuk mencari ketenangan dalam bekerja dengan sistem WFH (work from home/kerja dari rumah), dan juga isolasi atau karantina pribadi oleh tenaga medis atau wisatawan dari luar Yogyakarta.

“Ada misalnya yang dari luar kota atau luar negeri, pulang ke sini, mau masuk komplek rumahnya enggak bisa, akhirnya mereka pada cari hotel,” ujar Frieth.

Hingga saat ini, Frieth mengungkapkan telah terjadi penurunan okupansi hingga lebih dari 50 persen sejak Indonesia dikonfirmasi terpapar wabah COVID-19.

“Padahal bahwa titik impas biaya sebuah hotel dalam pengoperasiannya di kisaran okupansi 30-38 persen tergantung besar kecilnya operasional suatu hotel. Tapi kami berupaya tetap jalan,” ujarnya.

Lantaran harus tetap beroperasi, Innside Yogyakarta terus melakukan upaya preventif penanganan covid-19 dengan mempersiapkan seluruh fasilitas hotel dengan hand sanitizer, penyemprotan disinfektan, dan prosedur penerimaan tamu sesuai protokol serta memberikan pengetahuan tentang covid-19 kepada karyawan dan menerapkan seluruh prosedur secara ketat.

“Protokol ini sudah kami mulai dari tanggal 30 Januari 2020,” imbuhnya.

Sebelumnya, Direktur Utama jaringan hotel PT Hotel Indonesia Natour (HIN) Iswandi Said juga mengatakan teap membuka hotel-hotelnya yang berada di luar Jakarta, menyusul adanya aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta.

“Hotel-hotel HIN yang tetap ditawarkan dengan berbagai paket diskon dengan fasilitas dan harga khusus,” kata Iswandi.

Hal tersebut dilakukan, kata Iswandi, untuk menjaga okupansi dan agar hotel tetap mendapat pemasukan, dibandingkan dengan jika harus tutup.

Tamu yang datang, ungkap Iswandi, merupakan konsumen yang tidak bisa kembali ke rumah atau ke kota asal masing-masing.

Selain itu, agar pelayanan dan pemasukan tetap berjalan, Iswandi menyebutkan PT HIN menawarkan berbagai layanan pemesanan makanan dari restoran dan kedai di jaringan hotel PT HIN ke lokasi yang dekat dengan hotel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper