Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Realisasi Subsidi Rumah di Jateng Lebih Rendah Dibanding Jatim dan Banten

Saat ini tercatat masih ada 720.000 'backlog' dari sisi kepemilikan dan 530.000 dari sisi kepenghunian yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Jateng.
Ilustrasi./Antara-Raisan Al Farisi
Ilustrasi./Antara-Raisan Al Farisi

Bisnis.com, SEMARANG - Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) atau lebih dikenal dengan subsidi rumah murah di Jawa Tengah terealisasi untuk 1.933 unit untuk periode Januari-Maret 2020.

Merujuk data Bank Indonesia, realisasi tersebut di bawah Banten sebanyak 1.956 unit dan Jawa Timur sebanyak 2.050 unit dan Jawa Barat 8.971 unit.

Adapun besaran FLPP yang disalurkan ke Jateng Rp182.655.067.229, Jawa Timur Rp194.525.355.012, Banten Rp199.547.994.161 dan Jawa Barat Rp936.713.504.633

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendorong pembangunan perumahan berbasis komunitas untuk mengurangi "backlog" hunian atau kesenjangan antara jumlah rumah terbangun dengan jumlah warga yang membutuhkan rumah.

"Saat ini tercatat masih ada 720.000 'backlog' dari sisi kepemilikan dan 530.000 dari sisi kepenghunian yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Jateng," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Jawa Tengah, Arief Djatmiko di Semarang, Kamis (14/3/2020).

Menurut dia, faktor utama masih tingginya angka "backlog" itu adalah faktor ekonomi.

"Ini menjadi tantangan buat semua apakah akan diselesaikan seluruhnya dalam waktu dekat atau apakah perlu dilakukan prioritas," ujarnya.

Oleh karena itu, Pemprov Jateng mendorong penyediaan rumah untuk masyarakat Jawa Tengah dengan berbasis komunitas.

Ia menyebut program ini akan mulai dilakukan pada 2020 ini, namun demikian hingga kini masih terkendala pandemi Covid-19.

Menurutnya pembangunan rumah tidak hanya tanggung jawab pemerintah semata, tapi juga kalangan swasta dan masyarakat.

"Yang kami bantu masyarakat miskin yang memiliki lahan dan mereka berkomitmen untuk melakukan pembangunan bersama. Nanti kami beri bantuan sosialnya berupa material," katanya.

Terkait dengan itu, BNI Syariah mendukung pemerintah dalam Program Satu Juta Rumah dengan menyelenggarakan Program Tunjuk Rumah yang ditujukan bagi calon nasabah terutama generasi milenial yang ingin mempunyai rumah idaman yang sesuai keinginan.

Kalangan milenial hanya perlu menunjuk salah satu rumah atau apartemen yang tersedia pada pihak pengembang yang sudah bekerja sama dengan BNI Syariah.

Kelebihan Program Tunjuk Rumah dibandingkan dengan program lain yaitu adanya harga spesial atau tarif khusus, cicilan tetap sampai akhir cicilan, serta kemudahan lainnya yaitu bebas biaya administrasi, bebas biaya KPR, bebas biaya transaksi, dan bebas denda.

Direktur Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah Iwan Abdi berharap Program Tunjuk Rumah ini dapat mempermudah calon nasabah terutama kalangan milenial dalam memiliki rumah serta dapat meningkatkan kinerja pembiayaan terutama BNI Griya iB Hasanah.

Program Tunjuk Rumah 2020 diluncurkan pada 20 Januari 2020 dan berjalan hingga 30 Juni 2020 dengan target karyawan perusahaan yang mempunyai "fix income".

Untuk saat ini ada sekitar 1.000 pengembang perumahan aktif yang bekerja sama dengan BNI Syariah dan hingga 9 April 2020, perolehan pembiayaan BNI Griya iB Hasanah melalui Program Tunjuk Rumah mencapai Rp766,7 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : BI dan Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler