Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pertamina Siapkan Pinjaman Permodalan untuk UMKM Hingga Rp200 Juta

Program Kemitraan Pertamina berupa bantuan pinjaman permodalan maksimal Rp200 juta untuk setiap UMKM yang dinilai layak.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 25 Juni 2020  |  10:28 WIB
Pertamina menjalankan Program Kemitraan berupa penyaluran dana pinjaman permodalan untuk para pelaku UMKM. (Foto: Istimewa)
Pertamina menjalankan Program Kemitraan berupa penyaluran dana pinjaman permodalan untuk para pelaku UMKM. (Foto: Istimewa)

Bisnis.com, SEMARANG — PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region IV terus menyalurkan dana program kemitraan kepada pelaku UMKM di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Program tersebut berupa bantuan pinjaman permodalan maksimal Rp200 juta untuk setiap UMKM yang dinilai layak.

Manager Communication & CSR MOR IV Anna Yudhiastuti mengatakan bahwa program tersebut merupakan bantuan permodalan bagi para pelaku UMKM yang sulit mengakses pinjaman dari lembaga keuangan karena dinilai unbankable.

“Seluruh BUMN ditugaskan oleh kementerian BUMN untuk membantu para pelaku UMKM yang kesulitan tersebut sehingga nawa cita untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dapat tercapai,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (25/6/2020).

Menurut Anna, masih banyak pelaku UMKM yang belum mengetahui program kemitraan tersebut. Oleh karena itu, Pertamina akan terus melakukan sosialisasi agar mampu menjangkau lebih banyak mitra.

Syarat yang ditetapkan bagi para pelaku UMKM yang ingin ikut serta dalam program kemitraan tersebut meliputi: surat pernyataan sedang tidak dibina BUMN lain, surat persetujuan istri/suami, Surat Izin Usaha atau keterangan kurah, fotokopi KTP, foto tempat usaha, denah lokasi usaha, surat kuasa agunan/jaminan dan foto lokasi/denah agunan.

Nilai pinjaman permodalan yang bisa didapatkan oleh calon mitra binaan senilai maksimal Rp200 juta, dengan jangka waktu pinjaman paling lama 3 tahun. Jasa administrasi pinjaman permodalan tersebut ditetapkan 3% per tahun.

“Jasa administrasi tersebut diperuntukkan bagi mitra binaan guna mengoptimalkan usahanya. Berbeda dengan bunga bank, jasa administrasi akan digunakan untuk pelatihan, pembinaan, ikut serta pameran dan program lainnya sebagai penunjang pelaku UMKM yang telah bergabung menjadi mitra binaan kami,” tambah Anna.

Sebagai BUMN, Pertamina senantiasa terus menjalankan program-program yang mendukung kemandirian ekonomi salah satunya program kemitraan BUMN ini. Bagi pelaku UMKM yang berminat mengikuti program kemitraan dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau bagi yang berada di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dapat menghubungi kantor Pertamina Marketing Operation Region IV divisi Communication & CSR pada nomor telepon (024) 3545341 ext. 5853/5854.

Program Kemitraan Pertamina

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina kredit umkm
Editor : Farodilah Muqoddam
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top