Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KAI Daop 4 Optimalkan Layanan Rail Express

Tarif yang dikenakan adalah minimal 5 kg, kecuali untuk angkutan motor dihitung berdasarkan kapasitas CC.
Alif N. Rizqi
Alif N. Rizqi - Bisnis.com 24 Juli 2020  |  17:34 WIB
Ilustrasi: Pekerja PT KAI Daop 4 Semarang melakukan proses penggantian rel yang sudah korosi atau kerusakan logam yang diakibatkan oleh banjir rob, di Stasiun Tawang Semarang, Jawa Tengah, Rabu (19/12/2018). - JIBI/Triawanda Tirta Aditya
Ilustrasi: Pekerja PT KAI Daop 4 Semarang melakukan proses penggantian rel yang sudah korosi atau kerusakan logam yang diakibatkan oleh banjir rob, di Stasiun Tawang Semarang, Jawa Tengah, Rabu (19/12/2018). - JIBI/Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, SEMARANG — PT KAI Daerah Operasional 4 mengoptimalkan layanan Rail Express untuk jasa angkutan retail station to station dengan harga terjangkau semakin diminati masyarakat.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Krisbiantoro mengatakan bahwa pada periode Juni 2020, KAI Daop 4 Semarang telah melayani 561 ton barang ritel, naik 65 persen dibandingkan dengan Mei 2020 sebesar 341 ton.

"Kami sangat mengapresiasi pelanggan KAI yang telah memercayakan pengiriman barangnya melalui Rail Express. Kami akan terus meningkatkan layanan Rail Express yang murah, cepat, dan aman," katanya melalui siaran pers, Jumat (24/7/2020).

Menurutnya, tarif murah menjadi salah satu keunggulan Rail Express, misalnya, untuk rute Jakarta ke Bandung tarifnya hanya Rp600/kg, Jakarta ke Surabaya Rp1.500/kg dan Jakarta ke Malang Rp1.700/kg.

Tarif yang dikenakan adalah minimal 5 kg, kecuali untuk angkutan motor dihitung berdasarkan kapasitas cc (cubic centimetre).

Meski murah, KAI tetap menjamin keamanan barang dan selalu memberi pelayanan yang maksimal.

"Layanan Rail Express mencakup hampir semua jenis barang ritel di antaranya paket, motor, produk UMKM, e-commerce, bahan pangan, dan lainnya. Pelanggan cukup menyerahkan barang ke loket Rail Express di stasiun dan mengambilnya di loket Rail Express stasiun tujuan," ujarnya.

Krisbiantoro menambahkan bahwa layanan Rail Express tersedia di 60 stasiun di Pulau Jawa. Khusus untuk bahan pangan, Rail Express melayani pengiriman bahan pokok, biji-bijian, buah, hewani, makanan olahan, rempah-rempah, sayur, susu, dan telur.

"Pada bulan Juni angkutan pangan yang dilayani dari Daop 4 Semarang, sebanyak 6,7 ton, meningkat 4 persen dibanding bulan Mei sebanyak 6,4 ton," tambahnya.

Krisbiantoro menjelaskan Rail Express membuka kesempatan seluas-luasnya kepada para pelanggan KAI untuk mengirim berbagai jenis komoditas termasuk hortikultura seperti mangga, jeruk, jamur, bawang, dan sebagainya ke berbagai tujuan.

"Beberapa bahan pangan yang menjadi favorit masyarakat untuk dikirim melalui Rail Express pada Juni yaitu makanan kering, makanan olahan, rempah-rempah, kulit lumpia dari wilayah Cepu, Semarang, Pekalongan, dan Tegal menuju Jakarta maupun Surabaya," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi kereta api
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top