Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

92 Hotel di DIY Terverifikasi Memenuhi Protokol Kesehatan

Masih ada 71 hotel dan restoran yang telah beroperasi namun belum mendapatkan stiker serta sertifikat penerapan protokol kesehatan karena masih dalam proses verifikasi.
Pekerja membersihkan ruang dan kamar hotel./Antara-Adeng Bustomi
Pekerja membersihkan ruang dan kamar hotel./Antara-Adeng Bustomi

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Sebanyak 92 hotel berbintang dan restoran di Daerah Istimewa Yogyakarta/DIY dinyatakan terverifikasi memenuhi berbagai persyaratan protokol kesehatan dan pencegahan penularan Covid-19 yang harus dipenuhi saat beroperasi.

"Saat ini sudah 92 hotel dan restoran yang lolos verifikasi dari 163 hotel dan restoran yang saat ini telah buka," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Deddy Pranowo Eryono saat dihubungi di Yogyakarta, Senin (5/10/2020).

Menurut dia, masih ada 71 hotel dan restoran yang telah beroperasi namun belum mendapatkan stiker serta sertifikat penerapan protokol kesehatan karena masih dalam proses verifikasi.

Kendati demikian, kata Deddy, bukan berarti hotel dan restoran yang belum terverifikasi tidak menerapkan upaya pencegahan penularan Covid-19 itu.

"Sebetulnya yang telah buka itu sudah menerapkan protokol kesehatan Covid-19, terutama anggota PHRI. Hanya saja, saat ini masih menunggu antrean dalam proses verifikasi tersebut," kata dia.

Sebagian besar hotel berbintang di DIY, kata dia, juga telah menerapkan sistem pendataan tamu hotel secara digital melalui aplikasi pendataan hotel dengan QR Code guna mengantisipasi kasus penyebaran Covid-19. "Sebagian besar sudah menerapkan QR Code," kata dia.

Grand Inna Malioboro merupakan salah satu hotel di DIY yang telah terverifikasi. Sertifikat hasil verifikasi diterima manajemen hotel pada 7 September 2020 dari Pemerintah Kota Yogyakarta.

Dalam sertifikat itu disebutkan bahwa apabila di kemudian hari terdapat kasus penularan Covid-19 di lokasi usaha, maka surat keterangan hasil verifikasi dinyatakan tidak berlaku.

Public Relations Manager Grand Inna Malioboro Retno Kusuma meyakini sertifikat verifikasi tersebut akan memperkuat kepercayaan publik.

"Bahwa Grand Inna Malioboro benar-benar selalu menerapkan standar protokol pencegahan Covid-19, jadi diharapkan para tamu merasa aman dan nyaman selama di hotel," kata Retno.

Meski demikian, ia mengakui belum banyak mendapatkan reservasi kegiatan pameran, seminar, atau konvensi (MICE) dengan okupansi atau tingkat hunian kamar rata-rata 45 persen pada September 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper