Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Panjang, Bantul Siap-Siap Dibanjiri 30.000 Turis

Sekitar 30.000 wisatawan atau turis diperkirakan membanjiri objek wisata di Kabuapten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama libur panjang 28 Oktober-1 November 2020.
Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mencoba tempat cuci tangan yang disediakan di kawasan Pantai Parangtritis, Sabtu (13/6/2020). /JIBI-Ujang Hasanudin
Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mencoba tempat cuci tangan yang disediakan di kawasan Pantai Parangtritis, Sabtu (13/6/2020). /JIBI-Ujang Hasanudin

Bisnis.com, BANTUL - Sekitar 30.000 wisatawan atau turis diperkirakan membanjiri objek wisata di Kabuapten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama libur panjang 28 Oktober-1 November 2020.

Kwintarto Heru Prabowo, Kepala Dinas Pariwisata Bantul,  mengatakan target kunjungan 30.000 wisatawan cukup realistis karena berdasarkan data kunjungan liburan akhir pekan di angka 5.000-10.000 orang.

“Kalau di ambil rata-rata selama liburan cuti bersama lima hari ya sekitaran 30.000an,” kata Kwintarto, Selasa (27/10/2020).

Menurut dia, target tersebut juga memperhitungkan kondisi saat ini yang masih dalam kondisi pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) ditambah lagi dengan adanya fenomena alam La Nina yang mempengaruhi curah hujan cukup meningkat sehingga kemungkinan wisatawan tidak menjelajahi semua objek wisata di Bantul.

Namun, Dispar masih optimistis target kunjungan wisatawan tercapai dengan melihat animo masyarakat yang masih menjadikan DIY sebagai salah satu tujuan wisatawan untuk menghabiskan masa liburan. Namun untuk hari pertama cuti bersama ia memprediksi belum banyak wisatawan karena sebagian masih dalam perjalanan dan baru sampai di hari ketiga dan seterusnya.

Untuk keamanan wisatawan selama masa pandemi Covid-19 dan menghadapi La Nina ini, Kwintarto mengaku sudah mengeluarkan surat edaran (SE) kepada semua pengelola wisata dan usaha jasa pariwisata (UJP) di Bantul. Terdapat tiga poin dalam SE tersebut. Pertama adalah pengelola wisata diminta mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana tanah longsor, genangan air, dan luapan sungai di lokasi objek wisata mengingat curah hujan mulai meningkat.

“Bahkan pengelola wisata yang memanfaatkan wahana air sebagai daya tarik wisata agar selalu koordinasi dengan teman-teman di hulu sungai di Sleman dan Gunungkidul. Karena meski di Bantul tidak hujan tapi kalau di utara hujan terus berpotensi luapan sungai di hilir,” kata Kwintarto. Selain itu bahaya angin kencang dan petir juga perlu diperhatikan agar wisatawan merasa aman dan nyaman selama berwisata.

Protokol Kesehatan

Kedua adalah soal protokol kesehatan. “Pengelola wisata harus selalu mengingatkan wisatawan agar tetap mentaati protokol kesehatan selama berlibur di Bantul minimal selalu mengenakan masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta menghindari kerumunan,” kata Kwintarto.

Sementara poin ketiga dalam SE lebih menekankan kepada agen wisata dan wisatawan yang akan mengunjungi objek wisata di Bantul agar memastikan diri dalam kondisi sehat, tidak memaksakan diri berlibur jika kondisi tubuh kurang sehat. Kwintarto meminta kerjasama agen wisata dan wisatawan untuk mematuhi protokol kesehatan.

Lebih lanjut mantan Camat Sewon ini juga mengingatkan wisatawan yang bermain di pantai untuk waspada, tidak mandi di laut karena fenomena alam La Nina ini juga berpotensi meningkatnya gelombang air laut. Jangan terkecoh dengan ombak yang tenang karena biasanya membahayakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ujang Hasanudin
Editor : Sutarno
Sumber : Harianjogja.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper