Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Banjir dan Longsor Landa Banyumas, Ada Warga Tertimbun

Banjir dan tanah longsor terjadi di beberapa bagian wilayah Kecamatan Sumpiuh, Gumelar, Lumbir, Purwojati, Kebasen, dan Ajibarang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 17 November 2020  |  13:29 WIB
Ilustrasi - Bencana longsor di Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT). - Bisnis/Antara
Ilustrasi - Bencana longsor di Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT). - Bisnis/Antara

Bisnis.com, BANYUMAS - Bencana banjir dan longsor di sebagian wilayah Kabupaten Banyumas,Jawa Tengah, menyebabkan terjadinya korban jiwa.

Bencana itu terjadi setelah wilayah Banyumas diguyur hujan lebat sejak Senin (16/11/2020) malam hingga Selasa (17/11/2020) dini hari.

"Kejadian tanah longsor di Kecamatan Sumpiuh khususnya Desa Bogangin menimpa satu rumah warga dan mengakibatkan satu orang meninggal dunia," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banyumas Titik Puji Astuti, Selasa.

Astuti menambahkan, bencana serupa terjadi di desa lain.

"Di Desa Banjarpanepen terdapat satu keluarga yang terdiri atas empat jiwa tertimbun longsor, salah seorang di antaranya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia dan tiga orang lainnya masih dalam pencarian," katanya mengenai bencana yang terjadi di wilayah Kecamatan Sumpiuh.

Menurut dia, banjir dan tanah longsor terjadi di beberapa bagian wilayah Kecamatan Sumpiuh, Gumelar, Lumbir, Purwojati, Kebasen, dan Ajibarang.

"Di Ajibarang juga ada yang harus direlokasi, sedangkan di Kecamatan Karanglewas ada jembatan yang putus," katanya.

Kepala Desa Banjarpanepen Mujiono mengatakan bencana tanah longsor di wilayahnya terjadi sekitar pukul 03.00 WIB akibat hujan lebat yang terjadi sejak Senin (16/11) pukul 23.00 WIB.

"Akibat hujan lebat tersebut, tebing setinggi 50 meter longsor dan mengenai tiga rumah warga, satu rumah di antaranya hancur, sedangkan dua rumah lainnya tertimbun longsoran," katanya.

Ia mengatakan, bencana yang terjadi saat warga masih tidur malam itu mengakibatkan satu keluarga yang terdiri atas empat jiwa tertimbun longsoran tanah. 

Menurut dia, satu dari anggota keluarga yang tertimbun longsor ditemukan meninggal dunia dan tiga orang lainnya masih dalam pencarian.

Korban yang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia diketahui bernama Wagiyah, 38, dan tiga orang yang masih dicari yakni Basuki, 52, beserta dua anaknya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir banyumas

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top