Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Epidemiolog: Kekebalan Komunitas Baru Tercapai pada Periode Ini

Target penanganan pandemi Covid-19 pada bulan Agustus nanti dinilai masih sulit untuk direalisasikan.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 03 Maret 2021  |  20:40 WIB
Suasana pengecekan kesehatan calon penerima vaksin lewat metode layanan tanpa turun (lantatur) atau drive thru. - Antara
Suasana pengecekan kesehatan calon penerima vaksin lewat metode layanan tanpa turun (lantatur) atau drive thru. - Antara

Bisnis.com, SEMARANG – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, menargetkan Indonesia bakal sukses mengendalikan Covid-19 pada Agustus nanti.

“Target kita adalah, pada perayaan 17 Agustus yang akan datang maka kita betul-betul harus bebas dari Covid-19. Artinya, Covid-19 betul-betul dalam posisi yang dapat dikendalikan,” jelas Doni pada Februari lalu.

Melihat kinerja testing, tracing, dan treatment (3T) yang sudah dilakukan pemerintah, Epidemiolog Universitas Gadjah Mada menyangsikan target yang dipaparkan Doni tersebut. “Targetnya tidak realistis. Dilihat dari upaya 5M dan 3T di Indonesia juga masih kurang bagus,” jelas Bayu Satria Wiratawa, dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Rabu (3/2/2021).

Bayu menilai bahwa upaya penanganan Covid-19 masih perlu dievaluasi lebih lanjut. “Dari sisi vaksin juga masih jauh. Program vaksin kita masih menemui banyak kendala mulai dari supply, distribusi, dan prioritas,” tambahnya.

Berdasarkan perhitungannya, vaksin mesti diberikan kepada 180 juta orang agar bisa mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity di akhir 2021 atau bahkan 2022.

Program vaksinasi masih terus berjalan demi mengejar target kekebalan komunitas tersebut. Setelah menyasar tenaga kesehatan di tahap pertama, di Jawa Tengah, program vaksinasi tahap kedua mulai dilakukan bagi kelompok lansia.

Sebanyak 7.171 orang lansia di Kota Semarang, hingga Senin (1/3/2021) sudah mendapatkan vaksin Covid-19. Dinas Kesehatan Kota Semarang menargetkan penerima vaksin dari kalangan langsia sebanyak 191.331 orang. Penyuntikkan vaksin bagi lansia diberikan setiap hari Sabtu.

Program vaksinasi tahap kedua di Kota Semarang telah menyentuh 34.000 orang. 14.280 orang diantaranya merupakan pelayan publik yang terdiri dari ASN, non-ASN, wartawan, pendidik, pedagang pasar, tokoh agama, pejabat, anggota dewan, BUMN, BUMD, dan TNI/Polri.

Pada perkembangan lainnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang menargetkan sebanyak 170.000 lansia akan mendapatkan vaksin. Angka tersebut muncul berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magelang. Program yang mulai dilaksanakan pada minggu ini telah menyentuh 133 lansia. Untuk mendukung program ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang telah menerima tambahan vaksin sebanyak 1.000 vial atau 10.000 dosis serta 160 vial atau 1.600 dosis untuk alokasi tambahan bagi Akademi Militer.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng Vaksin Covid-19
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top