Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gibran Tidak Paksa Orangtua Izinkan Anak Ikut Pembelajaran Tatap Muka

Pihaknya tetap berupaya untuk mengoptimalkan kesiapan infrastruktur di sekolah-sekolah untuk memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik.
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka./Antararn
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka./Antararn

Bisnis.com, SOLO - Pemerintah Kota Surakarta tidak akan memaksa orangtua agar mengizinkan anak mereka mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) yang rencana akan mulai dilakukan bulan Juli 2021.

"Orangtua yang belum yakin untuk memasukkan anak-anaknya ke ruang kelas, kami tidak memaksa, bisa tetap lewat daring. Kalau sudah setuju silakan anaknya dikirim ke sekolah," kata Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Solo, Jumat (26/3/2021).

Meski demikian, pihaknya tetap berupaya untuk mengoptimalkan kesiapan infrastruktur di sekolah-sekolah untuk memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik.

"Infrastruktur kami siapkan semua, tempat cuci tangan, masker, faceshield. Bahkan guru sudah divaksin dosis kedua, staf sekolah juga sudah dua kali," katanya.

Mengenai kesiapan lain, dikatakan, sejak beberapa hari yang lalu sudah ada 23 sekolah yang melakukan simulasi PTM.

"Pada dasarnya Solo ini sudah aman, siap buka sekolah, ada 23 sekolah yang sudah simulasi. Kemarin saya cek salah satunya di SMPN 7 sudah siap. Memang ada beberapa yang harus dievaluasi, tetapi pada dasarnya sudah siap. Bahkan kalau bisa dipercepat ya kami percepat," tanbah Gibran.

Sementara itu, terkait dengan vaksinasi untuk siswa, dikatakannya, sejauh ini belum masuk rencana Pemerintah Kota Surakarta.

"Nanti dulu, SMP kan 'nggak' boleh, yang harus diketahui adalah vaksin ini kekebalan kelompok, bukan kekebalan individu. Yang belum divaksin jangan khawatir, sudah dilindungi oleh yang sudah divaksinasi," katanya.

Meski demikian, ia mengaku terbuka jika ada masukan dari orang tuasiswa terkait rencana pelaksanaan PTM ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper