Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Lokasi Asyik Ngabuburit di Tamangmangu

Rumah Atsiri juga menawarkan paket program khusus selama Ramadan.
Sri Sumi Handyani
Sri Sumi Handyani - Bisnis.com 19 April 2021  |  10:10 WIB
Objek wisata Rumah Atsiri di Tawangmangu Karanganyar. - Instagram @rumahatsiri
Objek wisata Rumah Atsiri di Tawangmangu Karanganyar. - Instagram @rumahatsiri

Bisnis.com, KARANGANYAR - Menunggu waktu berbuka puasa biasa disebut dengan ngabuburit. Tak ada salahnya, Anda mencoba untuk ngabuburit di Tawangmangu Karanganyar.

Terlebih, sejumlah objek wisata di Tawangmangu, Karanganyar, merancang program khusus Ramadan, yang tentu cocok untuk kegiatan ngabuburit.

Berikut program dari sejumlah objek wisata di Tawangmangu yang berhasil dirangkum Solopos.com:

1. Rumat Atsiri Indonesia

Jam operasional selama Ramadan pada hari biasa pukul 12.00 WIB hingga 19.00 WIB sedangkan pada akhir pekan atau Sabtu dan Minggu mulai pukul 10.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Harga tiket masuk Rumah Atsiri masih sama, yakni Rp50.000. Tiket dalam bentuk voucher sehingga dapat digunakan untuk berbelanja ke toko suvenir, makan dan minum di restoran, atau fasilitas lain, seperti tur taman Rp20.000 per orang, tur museum Rp35.000 per orang, workshop Rp125.000 per orang, pot painting Rp100.000 per orang.

Untuk pot painting, Marketing Rumah Atsiri Indonesia, Paramita Sari Indah Widarini, menyampaikan program tersebut baru akan dimulai Sabtu (24/4/2021).

Selain program satuan seperti dijelaskan di atas, Rumah Atsiri juga menawarkan paket program khusus selama Ramadan, yakni Rp140.000 per orang untuk wisata tur taman, workshop painting, takjil, dan menu buka puasa. Apabila ingin mengganti tur taman menjadi tur museum, pengunjung cukup membayar Rp170.000 per orang.

"Kami melayani pendaftaran 1 orang maupun grup. Kalau grup maksimal 10 orang untuk 1 grup atau satu sesi. Ini spesial selama Ramadan. Untuk program pot painting ini edukasi melukis pot dan mendapat free bibit tanaman. Kami ingin mengajak masyarakat untuk menanam," tutur Mita, sapaan akrabnya saat dihubungi Solopos.com, Minggu (18/4/2021).

 

Objek wisata Embun Lawu di Tawangmangu Karanganyar./Instagram @embunlawu

2. Embun Lawu

Objek wisata yang dulu bernama Lawu Camp ini buka seperti biasa selama Ramadan, yaitu mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB untuk objek wisata.

Sedangkan untuk rest area dibuka mulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Embun Lawu menawarkan fasilitas flying fox, outbond, camping ground, homestay, penangkaran rusa tutul, dan lain-lain.

Selama Ramadan, Embun Lawu menawarkan program Buka Bersama Bonus Wisata. Ada tiga paket yang ditawarkan, yakni Paket Berkah A Rp25.000 per orang, Paket Berkah B Rp30.000 per orang, dan Paket Berkah C Rp40.000 per orang.

Setiap paket menawarkan menu takjil, buka puasa, gratis tiket masuk, dan gratis parkir.

Manager Operasional Embun Lawu, Suparman, menyampaikan Paket Berkah bisa diambil mulai pukul 17.00 WIB.

"Silakan memesan beberapa hari sebelumnya agar bisa kami siapkan. Kegiatan ngabuburit itu mulai 17.00 WIB sampai jam 21.00 WIB," ujar dia.

3. The Lawu Park

Jam operasional selama Ramadan untuk The Lawu Park 1 atau restoran mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Untuk The Lawu Park 2 atau wahana wisata mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Lokasi dua objek wisata itu saling berhadapan atau dipisahkan Jalan Raya Tawangmangu-Magetan.

The Lawu Park menawarkan program khusus selama Ramadan untuk pengunjung wahana, restoran, maupun penginapan.

Program untuk pengunjung wahana adalah tiket diskon 15 persen free takjil yang dapat ditukarkan di restoran.

Selain itu, The Lawu Park juga menawarkan paket ngabuburit di restoran. Manager Operasional The Lawu Park, Anggun Nilla Monica, menawarkan dua paket, yakni Ramadan Sesarengan di The Lawu Park (paket rasa rame-rame) dan Ngabuburit Ngadem di The Lawu Park (paket rahmat).

Paket rasa rame-rame dibanderol Rp150.000 hingga Rp175.000 untuk lima orang. Paket Rahmat dibanderol mulai Rp32.000 hingga Rp50.000 per orang. Untuk paket Rahmat, The Lawu Park memberikan minimal pemesanan sepuluh orang. Pengunjung mendapatkan menu takjil dan buka puasa.

"Pengunjung yang memesan dua paket itu mendapat diskon tiket masuk 50 persen ke wahana. Sudah banyak yang memesan paket ini," tutur dia.

4. Sakura Hills

Jam operasional mulai pekan kedua puasa Ramadan pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Sakura Hills menawarkan program ngabuburit Nyenja di Sakura Hills. Pengunjung dipersilakan menikmati matahari terbenam dari kawasan Sakura Hills selama Ramadan.

Manager Sakura Hills, Dyan Paramitha, mengungkapkan kawasan Sakura Hills cocok untuk pengunjung yang ingin ngabuburit sembari menikmati senja.

 "Lokasi Sakura Hills ini agak tinggi jadi saat matahari terbenam kelihatan. Tapi itu kalau cuaca sedang bagus," tutur dia.

5. Tawangmangu Wonder Park

Jam operasional selama Ramadan mulai pukul 10.00 WIB hingga 18.00 WIB. Objek wisata yang menawarkan aneka wahana permainan anak, outbond, flying fox, area camping itu juga menawarkan paket buka puasa bersama. Paket tersebut ditawarkan sudah termasuk gratis tiket masuk. Jadi, pengunjung bisa ngabuburut pikni sekalian buka bersama.

Paket yang ditawarkan mulai dari Rp25.000 hingga Rp35.000. Pengunjung sudah dapat menikmati menu takjil dan buka puasa plus tiket masuk gratis. Tetapi, pengelola menerapkan minimal pemesanan untuk 30 orang. Syarat dan ketentuan berlaku.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

objek wisata Ramadan

Sumber : Solopos

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top