Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rencana Lanjutan Vaksinasi Lansia Kota Yogyakarta, Ini Jadwalnya

Program vaksinasi tersebut bakal dilaksanakan pada 23 - 24 April serta 7 - 8 Mei. Secara khusus, vaksinasi akan diberikan kepada masyarakat berusia 60 tahun ke atas yang sama sekali belum disuntik vaksin Covid-19.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 21 April 2021  |  11:56 WIB
Ilustrasi. - Covid19.go.id
Ilustrasi. - Covid19.go.id

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Masyarakat lansia di Kota Yogyakarta boleh berlega hati. Pasalnya, dalam waktu dekat, Pemerintah Kota Yogyakarta bakal melakukan vaksinasi Covid-19 bagi mereka yang telah berumur lebih dati 60 tahun.

“Kami akan melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Balaikota Yogyakarta. Kegiatan itu dalam rangka percepatan vaksinasi lansia,” jelas Emma Rahmi Aryani, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Selasa (20/4/2021).

Dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, vaksinasi lansia di Kota Yogyakarta bakal diselenggarakan pada 23 – 24 April dan 7 – 8 Mei. Karena masih berada di bulan Ramadan, jam pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan di sore dan malam hari. Yaitu pada pukul 15.30 - 17.30 dan 18.30 – 20.30 WIB.

Emma menjelaskan bahwa setiap kelurahan di Kota Yogyakarta mendapatkan kuota 50 orang. Sebelum divaksin, peserta mesti membawa syarat berupa KTP serta membawa undangan vaksinasi Covid-19. “Dalam memobilisasi lansia, perlu kerja sama dengan wilayah. Maka kami akan laksanakan dari Kemenkes tentang two in one. Jadi nanti orang yang membawa atau pengantar minimal dua lansia itu bisa ikut divaksin. Ini juga merupakan salah satu strategi kami untuk percepatan vaksinasi lansia,” jelasnya.

Kementerian Kesehatan menargetkan sebanyak 46.000 lansia di Kota Yogyakarta bakal menerima vaksin Covid-19 dalam waktu dekat. Meskipun demikian, Emma menuturkan bahwa setidaknya ada 60.000 lansia di Kota Yogyakarta. Perbedaan jumlah tersebut disebabkan oleh adanya masyarakat yang berdomisili di Kota Yogyakarta namun masih memiliki KTP luar kota.

“Kami sudah memiliki data lansia di Kota [Yogyakarta]. Dimungkinkan yang belum terdaftar dalam calon penerima vaksin adalah pengantar sehingga akan didata langsung saat di lokasi vaksinasi,” jelasnya.

Emma menyebut, sampai hari ini, ada 24.262 lansia di Kota Yogyakarta yang telah menerima dosis pertama vaksin Covid-19. Sementara itu, sebanyak 11.578 lansia telah divaksinasi dosis kedua. Sebanyak 7 vaksinator bakal disiapkan untuk menyukseskan program vaksinasi lansia di Balai Kota tersebut.

Pada perkembangan lainnya, Emma mengungkapkan bahwa selama bulan Ramadan, program vaksinasi di Kota Yogyakarta bakal terus dilakukan. “Vaksinasi di fasilitas layanan kesehatan tetap jalan selama bulan Ramadan. Setiap harinya bisa seribu lebih. Untuk puskesmas tidak buka setiap hari. Vaksinasi di fasilitas layanan kesehatan saat ini masih fokus untuk lansia dan guru karena untuk percepatan,” jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

yogyakarta lansia
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top