Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bandara JB Soedirman Beroperasi, Melayani Dua Penerbangan Komersial

Bandara JB Soedirman siap beroperasi mulai 1 Juni 2021.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Mei 2021  |  12:41 WIB
Pesawat mendarat perdana di Bandara JB Soedirman, Purbalingga, Jawa Tengah. - Antara/Humas Pemkab Purbalingga.
Pesawat mendarat perdana di Bandara JB Soedirman, Purbalingga, Jawa Tengah. - Antara/Humas Pemkab Purbalingga.

Bisnis.com, PURWOKERTO - Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Jawa Tengah akan melayani dua rute penerbangan mulai 3 Juni 2021, kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi.

"Mulai 3 Juni 2021, penerbangan komersial dilakukan di Bandara JB Soedirman, Wirasaba, Kabupaten Purbalingga, dengan melayani dua rute penerbangan," katanya di Purbalingga, Senin (31/5/2021).

Sementara itu, Bupati juga menambahkan bahwa Bandara JB Soedirman siap beroperasi mulai 1 Juni 2021.

"Agenda pengoperasian Bandara JB Soedirman pada 1 Juni 2021 adalah 'proving flight' atau penerbangan pembuktian dalam rangkaian uji coba menuju beroperasionalnya Bandara JB Soedirman dengan rute Surabaya menuju Purbalingga," katanya.

Sementara itu pada 3 Juni 2021, tambah dia, adalah jadwal dibukanya penerbangan komersial perdana di Bandara JB Soedirman, dengan rute Purbalingga menuju Jakarta dan Purbalingga menuju Surabaya, serta sebaliknya.

Bupati menambahkan untuk mendukung persiapan operasional bandara itu, pada Jumat (28/5) kemarin sudah dilakukan simulasi pelayanan penumpang dalam rangka menyambut penerbangan komersial.

"Kami juga sudah meninjau kesiapan pengaktifan operasionalisasi bandara," katanya.

Sementara itu, Station Manager Citilink Purbalingga Muhamad Mulyanudin menambahkan bahwa untuk penerbangan perdana 3 Juni 2021 tingkat penjualan tiket sudah hampir 50 persen.

"Sementara baru melayani rute penerbangan Purbalingga - Jakarta dan Purbalingga - Surabaya serta sebaliknya, dua kali seminggu yakni setiap Kamis dan Sabtu," katanya.

Pengamat pariwisata dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Chusmeru mengatakan kehadiran Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Purbalingga akan mempermudah aksesibilitas kunjungan pariwisata ke wilayah itu.

Meskipun demikian, ujarnya di Purwokerto, Jawa Tengah, Kabupaten Banyumas, Senin ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Purbalingga guna menindaklanjuti akan segera beroperasinya Bandara JB Soedirman misalkan membangun konektivitas, baik secara fisik maupun sosial ekonomi.

"Konektivitas fisik diperlukan setelah Bandara JB Soedirman mulai beroperasi nantinya. Oleh karena itu perlu dirumuskan sistem transportasi yang menghubungkan antara bandara dengan objek dan daya tarik wisata yang ada di Purbalingga," kataya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng surabaya banyumas purbalingga di purwokerto

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top