Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SBMPTN 2021: UGM Terima 2.925 Calon Mahasiswa Baru

UGM mencatat dalam SBMPTN tahun ini, ada 61.277 peminat dari seluruh Indonesia. Kedokteran dan Psikologi menjadi beberapa program studi yang paling banyak diminati.
Perguruan tinggi negeri Universitas Gadjah Mada/Ilustrasi
Perguruan tinggi negeri Universitas Gadjah Mada/Ilustrasi

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Wakil Rektor BIdang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada Djagal Wiseso Marseno menyebutkan ada 2.925 calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

“Tepat tadi pukul 15.00 WIB serentak sudah diumumkan melalui laman LTMPT [Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi],” jelas Djagal dalam keterangan pers tertanggal 14 Juni 2021.

Universitas Gadjah Mada mencatat ada 61.277 peminat dari seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, hanya 2.925 calon mahasiswa baru yang diterima. Perinciannya adalah 484 orang masuk melalui jalur Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah serta 2.441 orang lainnya masuk melalui jalur reguler.

Ada beberapa program studi yang tercatat memiliki peminat terbanyak dalam SBMPTN 2021 ini. Dari rumpun Sains dan Teknologi misalnya, beberapa program studi favorit adalah Kedokteran, Farmasi, Teknologi Informasi, Teknik Sipil, dan Gizi Kesehatan.

Sementara itu, dari rumpun Sosial-Humaniora, program studi yang paling banyak diminati adalah Psikologi, Hukum, Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Komunikasi.

Calon mahasiswa baru yang dinyatakan telah lolos SBMPTN 2021 diwajibkan untuk melakukan registrasi atau pendaftaran ulang dengan mengunggah sejumlah dokumen melalui laman https://simaster.ugm.ac.id .

Berdasarkan catatan Bisnis, jumlah mahasiswa baru yang diterima Universitas Gadjah Mada melalui SBMPTN tahun ini mengalami kenaikan. Pada SBMPTN 2020, jumlah mahasiswa yang diterima tercatat hanya 2.518 orang. Sementara itu, pada SBMPTN 2019, jumlah mahasiswa yang diterima mencapai 3.131 orang.

Ada 90 program studi yang ditawarkan Universitas Gadjah Mada kepada peserta SBMPTN 2021. Pada tahun lalu, program studi Kedokteran tercatat memiliki 3.565 peminat. Disusul program studi Farmasi dengan 2.201 peminat. Sementara itu, di rumpun Sosial-Humaniora, program studi Psikologi tercatat memiliki jumlah peminat terbanyak pada 2020.

Berdasarkan data LTMPT, program studi Psikologi Universitas Gadjah Mada memiliki 3.655 peminat pada tahun lalu. Disusul kemudian oleh program studi Hukum dengan 3.575 peminat. Serta program studi Manajemen sebanyak 3.119 orang peminat.

Universitas Gadjah Mada menyediakan narahubung untuk melayani pertanyaan terkait Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui nomor WhatsApp 0857 0955 9730 serta surel [email protected].

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler