Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hotel Rosenda Baturraden Disulap Jadi Tempat Karantina Pasien Covid-19

Alih fungsi hotel tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kebutuhan tempat tidur pasien Covid-19.
Ilustrasi: Baturraden/www.tempatwisataid.com
Ilustrasi: Baturraden/www.tempatwisataid.com

Bisnis.com, BANYUMAS – Pemerintah Kabupaten Banyumas menyulap Hotel Rosenda Baturraden sebagai rumah sakit darurat Covid-19. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kebutuhan 1.000 unit tempat tidur bagi pasien Covid-19 di wilayah tersebut.

“Mudah-mudahan rumah sakit darurat ini akan mulai beroperasi pada pekan ini. Sehingga tenaga medis, peralatan medis, dan lain sebagainya akan mulai disediakan mulai satu dua hari ke depan,” jelas Achmad Husein, Bupati Banyumas, dalam keterangan resmi tertanggal 23 Juni 2021.

Hotel Rosenda Baturraden memiliki kapasitas 60 unit kamar dan diperkirakan mampu menampung 330 orang pasien Covid-19. Nantinya, tempat karantina tersebut bakal menampung pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan sedang. Sementara itu, pasien dengan gejala berat akan ditangani di sejumlah rumah sakit.

Pemerintah Kabupaten Banyumas juga terus melakukan rekrutmen tenaga kesehatan dari sejumlah perguruan tinggi untuk menambah tenaga perawat serta relawan kesehatan di wilayah tersebut.

Sadiyanto, Kepala Dinas Kesehatan Banyumas, menyebutkan bahwa hingga saat ini dari 72 unit tempat tidur ICU yang tersedia, sebanyak 51 unit telah diisi oleh pasien Covid-19. Sehingga, Bed Occupancy Rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur pasien Covid-19 di Banyumas berada di angka 70,83 persen.

Sementara itu, pada perkembangan lainnya, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah mencatat per hari Rabu (23/6/2021) jumlah pasien Covid-19 yang telah dirawat mencapai 19.431 orang pasien. Per hari ini, ada 2.418 orang pasien Covid-19 yang baru dirawat.

Jumlah kasus Covid-19 yang telah terkonfirmasi juga bertambah 4.058 kasus sehingga jumlahnya secara kumulatif mencapai 237.479 kasus. Dengan 202.821 pasien sembuh, 14.825 pasien suspek, serta 15.227 pasien yang meninggal dunia.

Kota Semarang masih menjadi wilayaha dengan jumlah kasus Covid-19 terbanyak yang terkonfirmasi. Tercatat, di wilayah tersebut ada 21.946 kasus Covid-19 yang terjadi. Selain mencatat rekor jumlah kasus terbanyak di Jawa Tengah, Kota Semarang juga memiliki jumlah pasien sembuh terbanyak dengan 18.247 pasien.

Sementara itu, Kabupaten Kudus menjadi wilayah dengan jumlah pasien dirawat terbanyak di Jawa Tengah. Dilaporkan bahwa 2.017 orang pasien Covid-19 dirawat di wilayah tersebut. Dengan jumlah kasus terkonfirmasi berjumlah 12.829 kasus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper