Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Selenggarakan Program Karimunjawa Local Wisdom

Pertamina berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat, utamanya yang berada di sekitar wilayah operasi tanpa terkecuali.
Pertamina menyelenggarakan program Karimunjawa Local Wisdom di di desa Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara. /Foto: Istimewa
Pertamina menyelenggarakan program Karimunjawa Local Wisdom di di desa Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara. /Foto: Istimewa

Bisnis.com, JEPARA — Pertamina menyelenggarakan program Karimunjawa Local Wisdom yang berfokus pada upaya pemberdayaan masyarakat dan lingkungan, pendampingan UMKM, serta penyediaan sarana dan fasilitas untuk menjalankan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Brasto Galih Nugroho, mengatakan bahwa Pertamina berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat, utamanya yang berada di sekitar wilayah operasi tanpa terkecuali di sekitar lokasi distribusi bahan bakar minyak (BBM) 1 harga di desa Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara.

Komitmen tersebut diwujudkan salah satunya dengan menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk Karimunjawa Local Wisdom dengan memberdayakan masyakarat sekitar pada Minggu (10/10/2021).

“Program ini merupakan bentuk pengembangan potensi yang dimiliki Karimunjawa, mulai dari wisata hingga produk olahan UMKM-nya dan kami sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang positif khususnya terkait pariwisata yang ada di Karimunjawa,” ujar Brasto dalam siaran pers, Jumat (15/10/2021).

Menurut Brasto, program ini juga merupakan salah satu komitmen Pertamina dalam mengimplementasikan aspek Enviroment, Social, and Governance (ESG) dan juga Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Develompent Goals (SDGs).

“Melalui program pemberdayaan masyarakat kami turut berupaya untuk menghadirkan kehidupan yang baik secara berkelanjutan dengan memenuhi aspek ESG maupun TPB/SDG’s,” tambah Brasto.

Dia menerangkan program Local Wisdom berkontribusi dalam beberapa poin TPB/SDG’s, yaitu pada poin 3 yakni Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan, poin 8 yakni Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, dan poin 14 yaitu Menjaga Ekosistem Laut.

Pelatihan yang diikuti oleh 30 UMKM ini, diisi oleh narasumber Robetmi Jumpakita Pinem yang merupakan Dosen Administrasi Bisnis FISIP Universitas Diponegoro.

Sementara itu, penerima manfaat dari bantuan penyediaan sarana fasilitas protokol kesehatan idi Karimunjawa berjumlah 25 UMKM dan 200 warga lokal setempat.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Camat Karimunjawa, Eko Udiyono, yang menyampaikan apresiasi kepada Pertamina atas program Local Wisdom yang dijalankan di wilayahnya.

“Dampak pandemi Covid-19 sangat berpengaruh kepada warga kami, khususnya terkait penurunan kunjungan wisata ke Karimunjawa. Kami sangat berterima kasih kepada Pertamina yang telah mendukung pemulihan wisata di tempat kami melalui program ini, salah satunya dengan menyediakan fasilitas protokol kesehatan dan kegiatan lainnnya yang menunjang pariwisata,” ucap Eko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper