Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Banjarnegara Gandeng Bank Jateng Luncurkan Layanan E-Parkir

Dengan penerapan E-Parkir adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan parkir dan memberi rasa keadilan bagi masyarakat pengguna jasa parkir.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 28 Oktober 2021  |  15:50 WIB
Peluncuran layanan E-Parkir di Kabupaten Banjarnegara. - Istimewa - Bank Jateng
Peluncuran layanan E-Parkir di Kabupaten Banjarnegara. - Istimewa - Bank Jateng

Bisnis.com, BANJARNEGARA - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara meluncurkan layanan E-Parkir pada Kamis (21/10/2021) lalu. Peluncuran dilakukan oleh Sekretaris Daerah, Indarto, di Sasana Bhakti Praja.

“Kepada Dinas Perhubungan dan Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Cabang Banjarnegara, saya mengucapkan terima kasih atas terwujudnya pembangunan aplikasi sehingga Launching dan Sosialisasi E-Parkir ini dapat terselenggara dengan baik," jelas Indarto dalam sambutannya.

Indarto menyambut baik inovasi yang digagas itu. "Dengan penerapan E-Parkir adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan parkir dan memberi rasa keadilan bagi masyarakat pengguna jasa parkir,” tambahnya.

Melalui acara tersebut, Indarto berharap agar terjalin komunikasi yang baik antara petugas parkir dengan pengelola parkir. Menurutnya, permasalahan parkir di Banjarnegara bisa diselesaikan dengan baik. “Keberadaan petugas parkir berperan penting dan dirasakan sekali manfaatnya dalam memberikan kelancaran, kenyamanan dan keamanan berlalu lintas," tambahnya.

Indiarto juga mengungkapkan bahwa layanan E-Parkir tidak hanya mendukung kelancaran lalu lintas saja. Tetapi dengan tertibnya para petugas parkir akan mampu menambah citra daerah melalui pelayanan yang maksimal, dan pembayaran retribusi parkir yang optimal bagi penambahan pendapatan asli daerah dalam mendukung pembangunan Kabupaten Banjarnegara.

"Bank Jateng menyediakan channel pembayaran e-parkir melalui teller Bank Jateng, ATM, agen laku pandai, i-banking, qris, atm bersama/prima semuanya bisa dilakukan secara realtime dan akuntable," jelas Indiarto.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjarnegara, M. Iqbal SE, mengatakan, inovasi atau aplikasi E-Parkir diinisiasi oleh Pemkab melalui Dinas Perhubungan bekerjasama Bank Jateng Cabang Banjarnegara.

“Sudah saatnya Dinas Perhubungan menerapkan E-Parkir sebagai wujud pelayanan yang berkualitas, transparan dan akuntabel serta memberikan rasa keadilan bagi masyarakat penerima manfaat jasa parkir. Sehingga optimalisasi pendapatan asli daerah dari sektor retribusi parkir dapat meningkat dari tahun ke tahun sebagai dukungan terhadap pembangunan daerah dan masyarakat Banjarnegara,” jelas Iqbal.

Menurut Iqbal, inovasi tersebut dilakukan untuk mendorong masyarakat menggunakan ruang parkir secara bijak, optimalisasi pendapatan asli daerah, meminimalisir potensi pungutan liar yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, meningkatkan keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Yuli Prabowo, Pemimpin Bank Jateng Cabang Banjarnegara, memberikan dukungan penuh atas inisasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara. "Kami siap memberikan support kepada Pemerintah Kabupaten dan masyarakat dalam pelayanan digitalisasi perbankan. Selain itu, Juru Parkir bisa mendapatkan fasilitas kredit milenial dengan suku bunga yang sangat murah," pungkasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng banjarnegara

Sumber : Siaran Pers

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top