Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dieng Culture Festival 2021 Resmi Dibuka

Rangkaian acara dilaksanakan secara hybrid, memadukan aneka pagelaran, ritual, dan pertunjukan secara daring dan luring. Pada tahun ini, DCF dilaksanakan selama 3 hari, dari 1-3 November 2021.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 01 November 2021  |  14:23 WIB
Dieng Culture Festival 2021 Resmi Dibuka
Ruwatan anak berambut gimbal dalam gelaran Dieng Culture Festival 2017. - Antara

Bisnis.com, BANJARNEGARA - Dieng Culture Festival (DCF) kembali digelar pada tahun 2021. Dengan kondisi pandemi Covid-19, gelaran tersebut dilaksanakan secara hybrid dengan membatasi jumlah tamu yang hadir.

"Menimbang terkait pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, serta berbagai arahan, masukan, dan pengamatan maka DCF 2021 dilaksanakan secara virtual, hybrid. Dengan mengacu dan mematuhi protokol kesehatan yang ketat," jelas Indarto, Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara, yang mewakili Plh. Bupati Banjarnegara, Senin (1/11/2021).

Indarto menyampaikan bahwa DCF merupakan hasil perpaduan antara keindahan alam dataran tinggi Dieng dengan keunikan tradisi budaya yang dimiliki. Perpaduan tersebut juga bersinergi dengan upaya pemberdayaan masyarakat lokal di kawasan itu.

"DCF yang diawali dengan sebutah Festival Dieng, menyuguhkan ragam pertunjukan tradisional maupun modern yang dikemas dalam pagelaran 'Harmoni di Atas Awan', serta pertunjukan tradisi budaya berupa pemotongan rambut gembel, merupakan salah satu peninggalan asli leluhur Kawasan Dataran Tinggi Dieng," jelas Indarto dalam sambutannya.

Acara tersebut bisa terselenggara berkat kerja sama berbagai pihak. Indarto menyampaikan bahwa DCF merupakan buah dari pembinaan dan kerjasama antara Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Banjarnegara, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pandawa, serta dukungan Pemerintah Pusat dan Provinsi.

"Dengan digelarnya DCF, ada beberapa nilai positif yang dapat kita raih. Selain sebagai wujud pemebentukan karakter masyarakat yang selalu menjunjung tinggi dan melestarikan nilai luhur, juga sebagai wujud identitas dan jatidiri masyarakat Dieng," jelas Indarto.

Arum Darmaningtyas, Sub Koordinator Event Wilayah IB Jawa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam sambutannya menyebut bahwa acara DCF 2021 merupakan kegiatan unggulan daerah yang masuk dalam kategori event nusantara berskala nasional.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, dengan protokol kesehatan yang tetap dijaga, kami berharap DCF tetap berlangsung setiap tahun. Dengan bekerjasama dengan para UMKM dan dapat menambah kontribusi perekonomian masyarakat di Dieng dan sekitarnya," jelas Arum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dieng
Editor : Farodlilah Muqoddam

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top