Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Warga Jogja Dapat Akses Layanan Telemedisin Gratis, Ini Caranya

Warga Kota Yogyakarta yang tengah menjalani isolasi mandiri atau isoman Covid-19 kini bisa mengakses layanan telemedisin dari Kemenkes secara gratis. Berikut cara lengkapnya.
Aliftya Amarilisya
Aliftya Amarilisya - Bisnis.com 24 Februari 2022  |  13:20 WIB
Ilustrasi pria menjalani isolasi mandiri di rumah - Freepik
Ilustrasi pria menjalani isolasi mandiri di rumah - Freepik

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Tak hanya di Jabodetabek, layanan telemedisin gratis yang disediakan oleh Kementerian Kesehatan kini dapat diakses oleh warga Jogja yang tengah menjalani isoman Covid-19.

Adapun syarat bagi pasien Covid-19 untuk bisa menggunakan layanan telemedisin ini adalah sudah berusia 18 tahun dan menjalani tes PCR atau antigen di laboratorium yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan.

Nantinya, apabila dinyatakan positif, maka pihak lab akan melaporkan hasil tes ke database Kemenkes. Selanjutnya, pasien pun akan mendapat pesan konfirmasi melalui WhatsApp atau atau cek langsung dengan NIK Anda di laman isoman.kemkes.go.id.

Setelahnya, lakukan skrining secara online di salah satu dari 17 pilihan layanan telemedisin yang berafiliasi dengan Kemenkes.

Setelah itu, Anda pun akan mendapat resep digital dan bisa ditebus melalui isoman.kemkes.go.id/tebusresep, lalu akan diproses oleh Kimia Farma dan dikirim oleh SiCepat.

Sementara itu, adapun obat dan vitamin tersebut diberikan secara gratis dan terdiri dari dua paket, yaitu Paket A dan Paket B.

Paket A diperuntukkan bagi orang tanpa gejala (OTG) dengan isian Multivitamin C, B, E, dan Zinc untuk dikonsumsi selama 10 hari.

Lalu, Paket B dikhususkan bagi orang dengan gejala ringan. Mereka memperoleh multivitamin serupa dengan Paket A dan Faripravir 200mg berjumlah 40 kaplet atau Molnupiravir 200mg dengan dosis 2x4 tab (dikonsumsi selama 1-5 hari) berjumlah 40, dan Parasetamol tab 500mg berjumlah 10 (jika dibutuhkan).

Lepas dari itu, apabila pasien Covid-19 tak kunjung menerima konfirmasi WhatsApp dari sistem, maka Anda bisa menghubungi Kementerian Kesehatan melalui:

WhatsApp: 0811-1050-0567
Email: [email protected]
Telepon: 119 ext 9

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telemedicine Covid-19 isolasi mandiri
Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top