Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Chef Marsha LK Pandanaran dan Semangat Belajar Tanpa Henti

Chef Marsha, Head Chef Louis Kienne Pandanaran, meyakini bahwa segala sesuatu bisa dipelajari. Termasuk kemampuan memasak.
Istimewa/Louis Kienne Pandanaran
Istimewa/Louis Kienne Pandanaran

Bisnis.com, SEMARANG – Marsaid, atau akrab disapa Chef Marsha, adalah Head Chef di Hotel Louis Kienne Pandanaran. Karir pria kelahiran 1984 tersebut dimulai dari bawah, sebagai pencuci piring di sebuah hotel di Kota Semarang.

Dulu sebelum menjadi juru masak saya sempat mencuci piring terlebih dulu, itu tahun 2004,” jelas Chef Marsha ketika dihubungi Bisnis pada Jumat (25/2/2022).

Chef Marsha mempelajari ilmu kuliner secara otodidak. Meskipun sempat menempuh pendidikan perhotelan, namun pria tersebut mengaku tak pernah secara khusus mempelajari ilmu kuliner. “Kalau cuci piring itu kan biasa sambil bantu-bantu masak. Jadi saya belajar pelan-pelan,” jelasnya.

Berbekal pengalaman tersebut, Chef Marsha kini dipercaya untuk menyiapkan aneka hidangan di Hotel Louis Kienne Pandanaran. Spesialisasinya pada aneka olahan kuliner bergaya Barat atau western food. “Jadi yang ala Eropa. Nusantara juga bisa. Kalau sudah tahu basic-nya, masak apa aja itu bisa kok,” jelasnya.

Sejak tahun 2018, Chef Marsha telah menyiapkan aneka ragam olahan kuliner di Hotel Louis Kienne Pandanaran. Salah satu menu kreasinya yang cukup banyak dipesan adalah Bebek Lombok Ketok. “Jadi bebeknya diungkep, digoreng, terus dimasak dengan sambal yang dibuat dari cabai segar,” jelasnya.

Chef Marsha percaya, setiap orang bisa mempelajari hal-hal baru. Ketekunan dan keberanian untuk keluar dari zona nyaman menjadi syaratnya.

Dulunya saya tidak tertarik di bidang kuliner, tetapi setelah terjun di perhotelan ini ya saya harus mau belajar. Gak mungkin saya cuci piring terus. Kalau mau belajar pasti bisa kok, gak harus sekolah asal ada kemauan pasti bisa,” ungkap Chef Marsha.

Semangat untuk terus belajar coba ditularkan Chef Marsha kepada orang-orang terdekatnya. Terlebih kepada rekan-rekannya sesama pekerja di sektor perhotelan. “Kita harus belajar terus, jangan cari nyamannya saja tapi harus berani juga untuk menghadapi tantangan. Bagaimanapun kondisinya, sesulit apapun, kita harus berani. Jangan menyerah,” jelasnya.

Kepercayaan tersebut juga coba ditularkan kepada istrinya. Sebelum menikah, pasangannya tersebut bahkan sama sekali tidak bisa memasak. “Setelah menikah jadi saya yang ajari memasak,” jelasnya.

Kini, Chef Marsha bersama istri biasa bergantian untuk memasak di rumah. Tak jarang, anak perempuannya meminta Chef Marsha untuk memasak menu hotel. “Anak saya senang menu ala hotel seperti itu. Kadang minta omelet,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper