Ekspedisi Solo Surga Kuliner Rekam Ragam Hidangan Legendaris

Tim ekspedisi Solopos Media Group menjajal ragam hidangan legendaris Kota Solo, dari gudeg favorit tiga Presiden RI hingga aneka minuman kekinian.
Pemberangkatan tim Ekspedisi Surga Kuliner Kota Solo di RM Adem Ayem, Solo, Senin (28/3/2022). Espos/Kurniawan
Pemberangkatan tim Ekspedisi Surga Kuliner Kota Solo di RM Adem Ayem, Solo, Senin (28/3/2022). Espos/Kurniawan

Bisnis.com, SEMARANG – Solopos Media Group (SMG) menggelar Ekspedisi Surga Kuliner Kota Solo tahun 2022. Dalam program yang berlangsung mulai Senin (28/3/2022) hingga Kamis (31/3/2022) tersebut, ada 16 destinasi kuliner yang bakal dikunjungi.

gudeg
gudeg

Gudeg Adem Ayem merupakan salah satu kuliner legendaris Solo.

Pada kunjungan Senin kemarin, tim ekspedisi SMG berhasil mengicipi tiga kuliner legendaris Kota Solo. Rumah Makan Adem Ayem jadi tempat dimana menu pertama disajikan. Seporsi gudeg legendaris favorit tiga Presiden RI, yaitu Soeharto, Abdurrahman Wahid, serta Joko Widodo.

Kepada tim ekspedisi SMG, Emmy Lies Rosmijati, Pemilik Rumah Makan Adem Ayem Solo, menuturkan bahwa rumah makan tersebut telah beroperasi sejak 25 Februari 1969. “Saat itu menunya langsung gudeg. Tapi untuk taste  saya sesuaikan dengan lidah orang Solo yang tidak suka yang terlalu manis dan terlalu kering, jadinya gudeg khas Solo,” ujarnya.

Ekspedisi Solo Surga Kuliner Rekam Ragam Hidangan Legendaris

Satu porsi es dawet telasih Bu Dermi Pasar Gede Solo yang legendaris seharga Rp11.000. Foto diambil Senin (28/3/2022) siang. (Espos/Kurniawan)

Dari gudeg, tim ekspedisi SMG berlanjut ke Pasar Gede. Di lokasi tersebut, ada dua menu kuliner legendaris yang patut dikunjungi. Salah satunya adalah es dawet Bu Dermi yang telah beroperasi sejak puluhan tahun lalu.

Kios Dawet Telasih Bu Dermi sendiri sudah melayani pembeli sejak pukul 08.00 pagi hingga 14.30 siang. Rut Tulus Subekti, putri Bu Dermi yang melanjutkan usaha tersebut, bisa menyajikan tak kurang dari 200 porsi es dawet setiap harinya.

“Semuanya alami, ori semua. Kayak cendol dari beras, warna daun suji, telasih bagus untuk mendinginkan sariawan, panas dalam. Ketan hitam asli, sumsum gurih dari beras, gula asli murni tanpa campuran setetes pun. Santan juga fresh,” jelas Rut.

Cendono Wangi
Cendono Wangi

Salah satu spot menarik di Cendhono Wangi Coffee Lantai II Pasar Gede Solo, Senin (28/3/2022) siang. (Espos/Jafar Sodiq Assegaf)

Setelah menjajal kuliner legendaris Kota Solo, tim ekspedisi SMG juga menyempatkan diri untuk menikmati segelas kopi kekinian yang juga dijual di Pasar Gede. Cendhono Wangi Coffee merupakan warung kopi dengan tema klasik yang berlokasi di lantai dua pasar buah, tepat di seberang Pasar Gede Solo.

Cendhono Wangi Coffee mulai beroperasi sejak 31 Januari 2018 lalu. Tak sedikit dari pengunjung yang datang untuk berfoto dan mengabadikan warung kopi yang unik tersebut. Sepanjang perjalanan tersebut, tim ekspedisi SMG melakukan transaksi secara cashless menggunakan QRIS.

Ekspedisi Surga Kuliner Kota Solo merupakan kolaborasi Solopos Media Group dengan OVO dan didukung oleh Rumah Makan Adem Ayem. OVO yang merupakan bagian dari ekosistem Grab membantu pengusaha kuliner menjadi bagian ekonomi digital. Terlebih dengan adanya layanan pesan antar kuliner yang mencakup berbagai makanan khas Solo melalui GrabFood. Selain praktis karena tidak harus bawa uang tunai, tim ekspedisi SMG juga dapat keuntungan lain dari OVO points yang diperoleh saat bertransaksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Sumber : JIBI/Solopos

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper