Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI Jateng Siapkan Kado Spesial Jelang Peringatan Hari Kartini

KPw BI Provinsi Jawa Tengah menggandeng Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang untuk menghidupkan kembali kegiatan di Museum RA Kartini.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 07 April 2022  |  12:02 WIB
Rahmat Dwisaputra, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, memberikan sambutan dalam acara diskusi Road to Kartini Mengajar pada Kamis (7/4/2022). - BISNIS/Muhammad Faisal Nur Ikhsan.
Rahmat Dwisaputra, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, memberikan sambutan dalam acara diskusi Road to Kartini Mengajar pada Kamis (7/4/2022). - BISNIS/Muhammad Faisal Nur Ikhsan.

Bisnis.com, SEMARANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Tengah menyiapkan kado spesial jelang peringatan Hari Kartini pada 21 April mendatang.

“Atensi KPw BI Provinsi Jawa Tengah terhadap perjuangan RA Kartini dibuktikan dengan upaya mendorong pemberdayaan perempuan hingga reaktivasi program-program pendukung di Museum RA Kartini di Rembang,” jelas Rahmat Dwisaputra, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Kamis (7/4/2022). 

KPw BI Provinsi Jawa Tengah menggandeng Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang untuk menghidupkan kembali kegiatan di Museum RA Kartini. Rahmat menjelaskan bahwa program tersebut menjadi salah satu wujud kepedulian sekaligus apresiasi Bank Indonesia terhadap peran wanita yang begitu besar bagi kemajuan zaman. 

“Kartini adalah sosok pelopor persamaan derajat perempuan nusantara yang mendedikasikan intelektualitasnya, gagasannya, dan perjuangannya untuk mendobrak ketidakadilan yang dihadapi,” jelas Rahmat dalam acara Road to Kartini Mengajar yang digelar secara hybrid. 

Secara khusus, di tengah kondisi pandemi Covid-19, Rahmat menyebut bahwa peran wanita kian bertambah besar. Tak hanya jadi jendela informasi bagi upaya penaklukan pandemi bagi keluarga dan masyarakat, wanita juga berperan sebagai penggerak ekonomi melalui Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 

Rahmat juga memberikan apresiasi pada wanita di Tanah Air yang berperan besar bagi proses pendidikan selama Pembelajaran Tatap Muka (PTM) ditiadakan. “Di masa pandemi ini, pemimpin wanita di Indonesia yang berperan aktif mengembangkan potensinya dalam dunia kerja juga semakin besar,” tambahnya. 

Melalui momentum perayaan Hari Kartini mendatang, Rahmat berharap agar apa yang dilakukan Bank Indonesia dapat memberikan dampak positif bagi pemberdayaan perempuan. Pemberdayaan tersebut secara khusus juga diharapkan bisa memberikan titik terang di tengah masa ketidakpastian akibat pandemi Covid-19. 

“Sudah seharusnya bagi para wanita masa kini di Indonesia untuk melanjutkan perjuangan Kartini, yaitu dengan cara berpendidikan setinggi mungkin agar bisa meraih wawasan dan pengalaman yang bahkan melebihi kaum pria. Karena hanya dengan begitu, maka semakin lama sosok wanita akan semakin mendapatkan hak sepenuhnya di mata masyarakat,” jelas Rahmat dalam sambutannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bi jateng
Editor : Farodlilah Muqoddam

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top