Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Skenario Rekayasa Lalu Lintas Malioboro saat Libur Lebaran

Malioboro dan sekitarnya diprediksi akan dipadati oleh wisatawan pada masa libur Lebaran. Berikut skenario lalu lintas yang telah disiapkan.
Suasana Jl Malioboro, Yogyakarta. /Harian Jogja
Suasana Jl Malioboro, Yogyakarta. /Harian Jogja

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Guna mengantisipasi kepadatan lalu lintas pada masa libur Lebaran, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Jogja bersama Dinas Perhubungan setempat akan memberlakukan skema pembatasan di sejumlah titik.

Kasatlantas Polresta Jogja, Kompol Chandra Lulus Widiantoro mengatakan, sejumlah titik tersebut, di antaranya depan eks hotel Nataputra, Wirobrajan; Pingit; Gejayan; dan Jokteng Wetan.

"[Tapi] sifatnya fleksibel saja, misal kalau di dalam kota sudah overload di titik itu nanti kami batasi kendaraan yang masuk," kata Kompol Chandra.

Menurut dia, pemudik diprediksi bakal memadati wilayah setempat pada H+1 dan H+2 Lebaran. Pihaknya pun akan memaksimalkan sejumlah personel untuk berjaga di tiap titik tertentu guna mengurai kepadatan lalu lintas.

Sementara itu, Chandra menyebut, khusus di kawasan Malioboro pihaknya akan menerapkan rekayasa searah, baik bagi pengendara yang melaju dari arah Jalan Mataram maupun mereka yang datang dari Kotabaru.

Petugas nantinya juga akan memasang pagar pembatas di kawasan pertigaan Gardu Anim.

"Untuk Malioboro, pada Jalan Mataram ke utara kami akan arahkan ke barat langsung masuk ke Malioboro. Dari arah timur, yakni Kleringan bawah nanti akan kami arahkan ke barat juga. Supaya tidak ada crossing dari arah Mataram dan Kotabaru," ujar dia.

Lebih jauh, pihaknya juga membuka kemungkinan untuk menghapus kebijakan Malioboro bebas kendaraan bermotor secara sementara pada momen Lebaran nanti.

"Pada saat menjelang atau sesudah [libur Lebaran] akan kami kaji lagi apakah pemberlakuannya akan kami majukan waktunya, itu akan dilihat lebih lanjut. Kalau seumpama ada peningkatan arus di persimpangan, maka akan kami ambil tindakan pemberlakuan waktunya," kata dia.

-----

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul "Malioboro Bakal Diserbu Wisatawan, Begini Skenario Rekayasa Lalu Lintasnya"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yosef Leon
Sumber : JIBI/Harianjogja.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper