Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ketum MTI Hingga Ganjar Ucapkan Selamat Kepada Budi Karya Sumadi

Sebagai Menteri Perhubungan Budi mampu menggunakan pendekatan yang humanis dan mengedepankan nilai kemanusiaan dalam setiap pengambilan kebijakan.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 23 Mei 2022  |  13:24 WIB
Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan, menyampaikan pidato dalam acara Penganugerahan Gelar Honoris Causa Bidang Transportasi di Ruang Senat UGM pada Senin (23/5/2022). - Istimewa/Humas UGM.
Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan, menyampaikan pidato dalam acara Penganugerahan Gelar Honoris Causa Bidang Transportasi di Ruang Senat UGM pada Senin (23/5/2022). - Istimewa/Humas UGM.

Bisnis.com, SEMARANG – Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan, mendapat gelar Honoris Causa bidang transportasi dari Universitas Gadjah Mada. Pengukuhan gelar kehormatan tersebut dilakukan pada Senin (23/5/2022) di Ruang Senat UGM.

Agus Taufik Mulyono, Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) sekaligus Guru Besar Teknik Sipil UGM, mengucapkan selamat atas diterimanya gelar Honoris Causa tersebut. “Ini adalah gelar kehormatan Honoris Causa di bidang transportasi yang pertama diberikan UGM,” ucapnya.

Menurut Agus, Budi Karya Sumadi memiliki kelebihan yang patut diapresiasi. Pasalnya, sebagai Menteri Perhubungan Budi mampu menggunakan pendekatan yang humanis dan mengedepankan nilai kemanusiaan dalam setiap pengambilan kebijakan.

“Jadi pendekatan Budi Karya Sumadi itu adalah pendekatan yang tidak mau ada konflik. Jadi kalau itu sebagai salah satu indikator di dalam penganugerahan gelar doktornya itu, saya sebagai Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia sangat mendukung,” ucap Agus.

Agus juga menyebut Budi Karya Sumadi telah memberikan kontribusi yang besar bagi perkembangan transportasi di Indonesia. Salah satunya dengan membuka ruang antara pemerintah dan praktisi transportasi.

“Menurut pengamatan saya, ini satu-satunya Menteri Perhubungan yang terbuka kepada publik. Jadi inilah kira-kira yang memberikan keunggulan bagi Beliau untuk bisa me-manage transportasi Indonesia itu tidak by conflict tapi menjauhi konflik,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah sekaligus Ketua Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) Ganjar Pranowo menyebut Budi Karya Sumadi sebagai sosok yang memiliki komitmen tinggi pada profesinya. 

Menurut Ganjar, Budi Karya Sumadi telah dikenal sebagai sosok yang mampu bekerja di banyak bidang. Berbekal pengalamannya, Budi juga  mampu mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang inovatif di bidang transportasi. Khususnya saat musim mudik kemarin.

“Terobosan yang dibuat Mas Budi itu menarik, untuk merayu rakyat agar yang naik sepeda motor [saat mudik] tidak masuk ke jalan raya. Maka diangkut semua pakai kapal, itu menurut saya keren,” ucap Ganjar.

Ganjar juga mengapresiasi kepedulian Budi Karya Sumadi pada almamaternya. Sebab, meskipun secara angkatan Budi lebih senior dari Ganjar, namun Budi Karya Sumadi tak segan untuk memberikan dukungan dan arahan kepada Ganjar selama menjabat sebagai Ketua Umum Kagama.

“Dia sahabat ya. Bareng sama saya ngurus Kagama, agak lama sekali. Karena setidaknya dua periode itu sama beliau. Beliau banyak memberikan feeding ke saya dan menunjukkan betapa humble-nya dia,” ucap Ganjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ugm Kemenhub menhub Budi Karya Sumadi
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top