Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kejar Swasembada Gula, PTPN IX Perluas Areal Tebu di Pemalang

Program tersebut merupakan buah kerja sama antara PT Perkebunan Nusantara IX dengan Pemerintah Kabupaten Pemalang.
Istimewa/PTPN IX
Istimewa/PTPN IX

Bisnis.com, SEMARANG – Untuk mendukung program swasembada gula yang dicanangkan  pemerintah, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pemalang untuk memperluas areal penanaman tebu.

“Sebagai salah satu upaya penguatan industri gula maka diperlukan kerja sama dan bersinergi dengan pemerintah daerah serta masyarakat pemilik lahan untuk perluasan areal tebu, demi swasembada gula konsumsi nasional. Selain itu, PTPN Group fokus pada perbaikan on farm dan off farm, transparansi, dan komunikasi yang baik kepada petani tebu,” jelas Seger Budiarjo, Direktur SDM PTPN III (Persero) Holding Perkebunan yang merupakan induk usaha PTPN IX, dikutip Kamis (28/7/2022).

Program tersebut ditandai dengan acara penanaman tebu perdana di lahan seluas 10 hektare yang berlokasi di Desa Banglarangan, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang. Dalam acara tersebut, turut hadir Bupati beserta Forkopimda Kabupaten Pemalang, Direktur SDM PTPN III (Persero), Komisaris Utama dan Direktur PTPN IX, Direktur Tanaman Semusim Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, serta perwakilan Pupuk Indonesia dan Bank Himbara.

Mukti Agung Wibowo, Bupati Pemalang, mengapresiasi acara penanaman perdana tersebut. Menurutnya, program kerja sama perluasan areal tebu di Kabupaten Pemalang tersebut bakal memberikan manfaat serta meningkatkan kesejahteraan petani.

“Khususnya di wilayah Kabupaten Pemalang yang memiliki potensi area lahan bengkok mencapai 989.634 hektare berupa areal pertanian yang terdiri dari sawah dan tegalan,” jelasnya.

Program perluasan areal lahan perkebunan tebu menjadi salah satu upaya PTPN Group untuk memenuhi target produktivitas gula kristal sebesar 7,5-8 ton per hektare. Pada tahun 2022, Holding Perkebunan menargetkan produksi gula konsumsi nasional bisa menyentuh angka 1,1 juta ton dan bakal ditingkatkan pada tahun 2023 hingga mencapai 1,3 juta ton.

Selain gula, PTPN Group juga memberikan perhatian pada pengembangan industri agrobisnis lainnya. Komitmen tersebut terlihat dengan acara penandatanganan kerjasama pemanfaatan aset untuk perluasan lahan tambak udang vannamei di Afdeling Pesantren Kabupaten Pemalang.

Kerja sama perluasan lahan tambak udang tersebut melibatkan PTPN IX dengan PT Pasdesa Agro Agri Indonesia. Lahan yang semula hanya seluas 10 hektare akan diperluas hingga mencapai 25 hektare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Siaran Pers

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler