Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pertama di Indonesia, Solo Technopark Kini Punya Game Working Space

Fasilitas itu nantinya bakal digunakan untuk mendidik talenta muda berbakat di bidang industri gim
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 29 November 2022  |  13:14 WIB
Pertama di Indonesia, Solo Technopark Kini Punya Game Working Space
Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka (tengah), ikut membuka fasilitas Game Working Space di Solo Technopark pada Selasa (29/11/2022). - Bisnis/Muhammad Faisal Nur Ikhsan.
Bagikan

Bisnis.com, SURAKARTA — Pemerintah Kota Surakarta melalui Solo Technopark menjalin kerja sama dengan Indonesia Cyber Education (ICE) Institute dan Acer Indonesia untuk membuka Game Working Space pertama di Indonesia. Fasilitas itu nantinya bakal digunakan untuk mendidik talenta muda berbakat di bidang industri gim.

Dalam acara pembukaan Game Working Space yang digelar pada Selasa (29/11/2022), Head of Marketing Acer Indonesia, Fransisca Maya, menyatakan bangga atas kerja sama yang terjalin itu. "Acer atau seri Predator lebih dikenal dengan produk Personal Computer dan Laptop, tetapi kami tidak hanya mau berhenti di menawarkan produk. Kami mau jadi bagian dari ekosistem," katanya.

Fasilitas Game Working Space sendiri bakal menjadi rumah bagi program inkubasi pengembang gim Tanah Air. Program inkubasi tersebut merupakan buah kerja sama antara ICE Institute dengan Acer Indonesia yang pada tahun ini telah berhasil melatih, mendampingi, serta mempertemukan 60 peserta dengan para investor.

Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum Universitas Terbuka sekaligus perwakilan ICE Indonesia, Ali Muktiyanto, menyebut program inkubasi itu sebagai salah satu bentuk pendidikan nonformal. Program tersebut juga sejalan dengan peta jalan gim nasional yang diluncurkan Presiden Joko Widodo pada Januari 2022 lalu.

"Kita juga bisa menawarkan course yang related dengan gim. Dengan status mahasiswa Universitas Terbuka bisa bergerak ke mana saja dan bisa masuk ke program ini. Kelebihannya kita bisa rekognisi pembelajaran lampau, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dan pengakuan kredit sampai 50 Satuan Kredit Semester (SKS)," jelas Ali.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Muhammad Neil El Himam, mengungkapkan bahwa Kota Surakarta sendiri berpeluang besar untuk menjadi pusat geliat industri kreatif termasuk industri gim di Tanah Air.

"Kami berharap untuk tahun depan hasil dari sini bisa kita ajak ke [pameran] Gamescom atau Tokyo Games Show. Kalau karyanya bagus saya yakin pembelinya banyak," kata Neil.

Sebagai informasi, Gamescom sendiri merupakan agenda pameran gim tahunan yang digelar di Jerman. Baik Gamescom maupun Tokyo Games Show sendiri menjadi ruang pamer kelas internasional yang rutin diikuti oleh pengembang gim Tanah Air.

Terkait peresmian Game Working Space di Solo Technopark, Neil memberikan apresiasi dan dukungan penuh. Menurutnya, kerja sama pentahelix antara dunia akademik, pelaku industri, komunitas masyarakat, serta pemerintah mesti terus didorong. "Apalagi ada keterlibatan Pemerintah Daerah, ya itu jadi kunci bagi pengembangan industri gim," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

game Gim Daring Solo industri kreatif
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top