Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MTXL Axiata Bangun Sarana Air Bersih di Brebes

Sepanjang tahun ini, karyawan PT XL Axiata Tbk membangun sarana air bersih di lima daerah.
Istimewa/XL Axiata
Istimewa/XL Axiata

Bisnis.com, SEMARANG – Pada pengujung tahun 2023, karyawan PT XL Axiata Tbk (EXCL) kembali mersmikan proyek sarana air bersih di Kabupaten Brebes, tepatnya pada 16 Desember 2023 lalu.

Karyawan EXCL yang tergabung dalam Majelis Taklim XL Axiata (MTXL Axiata) bahu membahu membangun sarana air bersih di Masjid Baitul Rohman, Dusun Kertasari, Bandarharjo, Kabupaten Brebes.

“Alhamdulillah, satu lagi sarana air bersih telah selesai dibangun di Brebes, Jawa Tengah. Tentunya ini untuk kepentingan masyarakat desa dan sekitarnya,” ucap Yanuar Tirta Kumaya, Ketua MTXL Axiata, dikutip Kamis (28/12/2023).

Yanuar menjelaskan bahwa pembangunan sarana air bersih tersebut telah melewati tahap survei dan penilaian. Tentunya dengan mempertimbangkan kondisi wilayah dan masyarakat yang membutuhkan air bersih. Di Dusun Kertasari sendiri, sumber air bersih berasal dari satu mata air yang berada di kawasan pegunungan.

“Itupun sering terkendala tidak mendapatkan air bersih ketika musim kemarau tiba,” tambahnya.

Dengan kontur tanah yang berbentuk perbukitan, masyarakat di Dusun Kertasari mesti bersusah payah untuk bisa mendapatkan air bersih. Adapun kebanyakan masyarakat di wilayah tersebut bermata pencaharian sebagai petani, buruh, dan pedagang dengan usia lanjut.

Untuk menemukan sumber air bersih, digunakan teknologi pendeteksi sumber air dan mesin pengeboran yang mutakhir. Selain lebih mudah dalam mendeteksi lokasi sumber air, penggunaan mesin tersebut juga meminimalkan kesalahan titik pengeboran.

“Suatu kebanggan tertsendiri bagi manajemen dan karyawan XL Axiata bisa langsung membangunkan fasilitas umum yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di Dusun Kertasari,” jelas Yanuar dalam siaran persnya.

Dengan bantuan sarana air bersih ini, masyarakat dapat lebih mudah mengakses air bersih karena sumber air tersebut telah tersambung dengan pipa ke rumah-rumah warga. Sehingga masyarakat tidak perlu antre untuk mendapatkan air bersih, baik untuk keperluan ibadah maupun kebutuhan sehari-hari.

Sepanjang tahun 2023 ini, MTXL Axiata telah membangun sarana air bersih di lima daerah yaitu Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan, Kota Makassar Sulawesi Selatan, Kabupaten Dair dan Kabupaten Sidikalang di Sumatera Utara, dan yang terakhir di Kabupaten Brebes Jawa Tengah.

Sebagai bentuk kepedulian, XL Axiata berkomitmen bakal terus memperbesar kontribusinya kepada masyarakat lewat program-program sejenis. Program pembangunan sarana air bersih sendiri merupakan buah kerja sama antara MTXL Axiata dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI).

“Insyaallah program pembangunan sarana air bersih serupa akan dibangun kembali tahun depan. Dengan target satu titik di masing-masing provinsi. Pembangunan ini berasal dari dana zakat dan infa dari manajemen dan karyawan XL Axiata,” jelas Yanuar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper