Ganjar dan Keluarga Mencoblos di TPS 11 Lempongsari Semarang

Pemilih tambahan di TPS 11, antara lain, Pak Ganjar beserta istri dan anak. Untuk yang lain, informasinya merupakan rombongan dari Pak Ganjar
Petugas menyiapkan TPS 11 Kelurahan Lempongsari, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (13/2/2024), yang akan menjadi tempat Capres RI Ganjar Pranowo memberikan suaranya./Antara-I.C. Senjaya.
Petugas menyiapkan TPS 11 Kelurahan Lempongsari, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (13/2/2024), yang akan menjadi tempat Capres RI Ganjar Pranowo memberikan suaranya./Antara-I.C. Senjaya.

Bisnis.com, SEMARANG - Calon Presiden RI Ganjar Pranowo dan keluarga dijadwalkan memberi suara di TPS 11 Kelurahan Lempongsari, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (14/2).

Ketua RT 1/RW 2 Kelurahan Lempongsari Anwar Rocip di Semarang, Selasa (13/2/2024), mengatakan bahwa pemilih di TPS 11 meliputi warga RT 1/RW 2 dan RT 1/RW 4 dengan jumlah dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 293 orang.

Selain itu, kata dia, terdapat pemilih tambahan yang menggunakan hak pilihnya di TPS tersebut sebanyak 12 orang.

"Pemilih tambahan, antara lain, Pak Ganjar beserta istri dan anak. Untuk yang lain, informasinya merupakan rombongan dari Pak Ganjar," katanya.

Ia menyebut informasi tentang perpindahan tempat memilih Ganjar Pranowo ke TPS 11 disampaikan sebelumnya oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Hendrar Prihadi yang juga akan menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan itu.

"Disampaikan Pak Hendi ada 12 anggota rombongan Pak Ganjar yang akan pindah memilih," katanya.

Menurut dia, tidak ada persiapan berlebihan untuk TPS 11 dalam menyambut hari-H pencoblosan.

"Tema nasional dengan latar belakang seperti langgung pesta pernikahan. Besok 'kan peristiwa sakral untuk memilih pemimpin," katanya.

Selain itu, lanjut dia, para petugas KPPS juga akan menggunakan baju batik sebagai simbol nasionalisme.

Berdasarkan data KPU RI, daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional pada Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih.

Sebelumnya, KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Setelah masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari. Selang sehari, 14 Februari 2024, pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, bersamaan dengan Pilpres 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper