Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sektor Pariwisata Sleman Berkontribusi Positif ke Ekonomi Daerah

Kontribusi sektor pariwisata terhadap total PAD Kabupaten Sleman sampai dengan 30 September 2024 tercatat sekitar 34,74 persen atau setara Rp283,53 miliar.
Sebuah kereta kuda hias terparkir di halaman Royal Ambarrukmo, Sleman./JIBI-Nova Malinda.
Sebuah kereta kuda hias terparkir di halaman Royal Ambarrukmo, Sleman./JIBI-Nova Malinda.

Bisnis.com, SLEMAN - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat hingga akhir September 2024 pendapatan sektor pariwisata untuk pemasukan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Sleman mencapai Rp283,53 miliar.

"Kontribusi sektor pariwisata terhadap total PAD Kabupaten Sleman sampai dengan 30 September 2024 tercatat sekitar 34,74 persen atau setara dengan Rp283,53 miliar," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Kus Endarto di Sleman, Senin (14/10/2024).

Menurut dia, perolehan ini dapat dikatakan hampir memenuhi target kontribusi PAD sektor pariwisata pada 2024 yang ditetapkan sekitar Rp320,267 miliar.

"Kami optimistis hingga akhir tahun nanti akan mampu mencapai target PAD sektor pariwisata, diharapkan pada liburan akhir tahun nanti kunjungan dan pergerakan wisatawan di Sleman meningkat signifikan," katanya.

Ia mengatakan, sumbangan pendapatan sektor pariwisata terbesar yakni dari pajak hotel, dimana hingga akhir September 2024 tercatat sebesar Rp125,23 miliar atau sekitar 44,92%.

"Kemudian pendapatan dari pajak restoran sebesar 49,32 persen atau senilai Rp137,5 miliar, dan sisanya sebesar Rp16,09 miliar atau 5,77 persen berasal dari pajak hiburan," katanya.

Kus Endarto mengatakan, sektor pariwisata di Kabupaten Sleman selama ini menjadi lokomotif penggerak roda perekonomian, dimana pada 2023 telah menyumbang 30 persen dari total PAD Kabupaten Sleman atau sekitar Rp353 miliar dari total PAD Rp 1,1 triliun.

"Di Sleman terdapat 142 hotel berbintang, beberapa di antaranya merupakan hotel bintang 4 dan 5 sebagai pendukung sekaligus penunjang sektor pariwisata," katanya.

Ia mengatakan, Kabupaten Sleman juga memiliki beragam destinasi wisata andalan, mulai dari destinasi wisata alam, buatan hingga destinasi wisata minat khusus.

"Selain itu di Sleman juga telah terbentuk 86 desa wisata yang meliputi 12 desa wisata dengan status mandiri, 17 desa wisata maju, 18 desa wisata berkembang dan 33 desa wisata rintisan. Di Sleman juga terdapat 54 objek wisata," katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper