Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUSIM TANAM PADI: Tahan Wereng, Ini Saran Bagi Petani

-Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan, dan Perikanan Kabupaten Bantul menyarankan agar petani di wilayah setempat menanam padi varietas tahan wereng pada musim tanam sekarang ini.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, BANTUL--Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan, dan Perikanan Kabupaten Bantul menyarankan agar petani di wilayah setempat menanam padi varietas tahan wereng pada musim tanam sekarang ini.

"Sekarang ini musim tanam padi, kami anjurkan yang ditanam adalah padi varietas tahan wereng, bukan IR 64 yang rentan terkena hawa wereng," kata Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Bantul Pulung Haryadi, Jumat (24/2/2017).

Menurut dia, pada musim tanam padi sekarang ini atau sesudah panen raya pada bulan Februari, bertepatan dengan musim hujan yang intensitas masih tinggi, sehingga berpotensi terhadap serangan hama wereng.

Oleh sebab itu, kata dia, petani di Bantul yang sebelumnya menggunakan benih padi varietas IR 64 supaya mengurangi atau mengganti dengan varietas lain sebab varietas itu pertumbuhannya tidak cocok pada musim sekarang ini.

"Varietas IR 64 itu pembungaan tidak terlalu baik. Makanya, dianjurkan varietas yang lain, paling tidak IR 64 dikurangi sampai akhir April 2017," kata Pulung.

Selain mengganti benih padi, Pulung juga menyarankan agar petani rutin membersihkan got keliling serta saluran drainase di sawah supaya ketika turun hujan terus-menerus kelebihan air dapat terbuang dan mengalir ke luar sawah.

"Jangan lupa rajin bersihkan got keliling, drainase sehingga air tidak terlalu lama menggenang. Kaitannya pola tanam agar sesuai dengan pedoman yang disepakati petani masing-masing wilayah," katanya.

Ia berharap beberapa saran tersebut bisa dilaksanakan petani pada musim tanam ini agar produksi gabah tidak terganggu atau mengalami penurunan akibat cuaca ekstrim yang diperkirakan masih terjadi hingga beberapa waktu ke depan.

"Panen saat ini mutu gabah turun dikarenakan cuaca yang ekstrem, budi daya padi di sawah mengalami gangguan dan penyerbukan tidak maksimal sehingga produktivitas kurang maksimal," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : News Editor
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler