Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tradisi Padusan, Ribuan Pengunjung Padati Pikatan Waterpark

Ribuan pengunjung memadati objek wisata air Pikatan Water Park di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menjelang bulan Ramadan 1438 Hijriah.
Ilustrasi/IST
Ilustrasi/IST

Bisnis.com, TEMANGGUNG-- Ribuan pengunjung memadati objek wisata air Pikatan Water Park di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menjelang bulan Ramadan 1438 Hijriah.

Manajer Pemasaran Pikatan Water Park Trisman Dodi mengatakan ramainya pengunjung berkaitan tradisi "padusan" menjelang Ramadan.

"Selama dua hari menjelang Ramadhan berkaitan tradisi padusan, kami menargetkan pengunjung sebanyak 15.000 orang," katanya, kamis (25/5/2017).

Ia menuturkan target tersebut sama seperti padusan tahun lalu, karena momentum seperti ini sifatnya hanya pengunjung lokal.

Padusan merupakan tradisi mandi yang dilakukan secara bersama-sama oleh sebagian besar kaum muslim yang dilaksanakan di tempat-tempat umum, seperti sendang, air terjun, dan belik.

Ia mengatakan Pikatan Water Park menjadi salah satu tujuan masyarakat untuk melakukan tradisi padusan, apalagi air di objek wisata ini berasal dari sumber mata air.

"Tradisi padusan berkembang menjadi daya tarik wisata yang mengundang minat masyarakat untuk berekreasi sekaligus tradisi bersih diri yang biasanya dilakukan menjelang Ramadhan," katanya.

Ia mengatakan guna mengantisipasi ramainya pengunjung pihaknya menambah personel dari tim SAR dan PMI Kabupaten Temanggung untuk berjaga-jaga di sekitar kolam.

Berdasarkan pantauan, kebanyakan pengunjung merupakan rombongan keluarga, namun beberapa kelompok juga terlihat anak sekolah yang mengenakan kaus seragam sekolah mereka.

Seorang pengunjung warga Bulu, Temanggung, Suprianto yang datang bersama istri dan dua anaknya, mengatakan kebetulan hari ini libur, maka mereka mandi dan berenang di Pikatan Water Park.

"Kami sudah beberapa kali berkunjung ke Pikatan Water Park. Kami menyayangkan tiket masuk bersamaan tradisi padusan ini naik dibanding hari biasa maupun pada akhir pekan. Pada hari biasa Rp12.000 per orang dan Sabtu dan Minggu Rp18.000 per orang, namun kali ini pengunjung ditarik ongkos Rp20.000 per orang," katanya.

Ia juga menyayangkan di tempat parkir kendaraan roda dua, selain ongkos parkir kendaraan Rp2.000, pengunjung juga dikenakan titip helm Rp2.000.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : News Editor
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper