Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Silaturahmi ke MUI, Menteri Siti Nurbaya Bahas Hutan Sosial & Lingkungan

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dan jajaran kembali melanjutkan silaturahmi dan diskusi dengan organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan membahas program kementeriannya, antara lain program kehutanan sosial untuk membangkitkan ekonomi masyarakat.
Menteri LHK Siti Nurbaya (kedua kiri) dan Ketua MUI Ma'ruf Amin./Dok. KLHK
Menteri LHK Siti Nurbaya (kedua kiri) dan Ketua MUI Ma'ruf Amin./Dok. KLHK

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dan jajaran kembali melanjutkan silaturahmi dan diskusi dengan organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan membahas program kementeriannya, antara lain  program kehutanan sosial untuk membangkitkan ekonomi masyarakat.

Setelah sebelumnya mendatangi Kantor PBNU dan Kantor Muhammadiyah serta berdiskusi dengan para pimpinan ormas Islam terbesar di Tanah Air itu, Menteri LHK dan jajaran mendatangi Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan diskusi dengan para pimpinan MUI dan ulama.

Langkah ini juga akan dilanjutkan dengan Persatuan Gereja Indonesia (PGI) dan ormas lain.

Ketua MUI Ma'ruf Amin sebagai tokoh utama dalam diskusi tersebut menyambut gembira langkah yang ditempuh Menteri Siti Nurbaya ini.

Dalam silaturahmi dan diskusi, Rabu (10/1/2018), terdapat kesamaan pandangan antara Kementerian LHK dengan MUI dalam beberapa topik yang diangkat, antara lain program perhutanan sosial yang diharapkan mampu membangkitkan ekonomi masyarakat dengan tetap menjaga keragaman hayati.

Menteri Siti Nurbaya mengatakan selama ini konsesi pengelolaan hutan jauh lebih banyak yang diberikan kepada konglomerasi daripada kepada rakyat, bahkan hingga 96% dipegang oleh korporasi raksasa, sisanya hanya 4% yang dikelola rakyat.

“Ini yang mau dibalik oleh pemerintah sekarang, dengan rakyat yang mendapat prioritas utama, sehingga aroma keadilan akan lebih terasa. Ada 12,7 juta hektare lahan yang akan dibagikan bertahap untuk dikelola oleh masyarakat,” ujar Siti.

Dalam konteks masalah ini, menurut Menteri Siti, ormas seperti MUI, NU, dan Muhammadiyah  akan berperan penting menjaga supaya redistribusi konsesi hutan ini tidak jatuh ke tangan oknum.

Topik lain yang didiskusikan dengan hangat, antara lain masalah isu lingkungan, sampah, dan keragaman hayati.

Ketua MUI Ma’ruf Amin menjelaskan Islam merupakan ajaran yang sangat memperhatikan masalah kebersihan, sehingga mereka pun juga ingin mendorong supaya ajakan tentang cinta lingkungan, bersih dari sampah, menjadi materi khutbah yang wajib disampaikan di masjid dan pesantren.

“Bahkan MUI sudah mengeluarkan fatwa tentang larangan berburu satwa langka,” katanya.

Dalam pertemuan itu juga, Ma’ruf Amin memberikan buku yang disusun MUI tentang Eco-Masjid, yaitu bagaimana teknik pengelolaan masjid yang ramah lingkungan, baik dari pengelolaan air, penggunaan energi, dan pengolahan sampah.

Ma'ruf Amin pun mengajak para khotib dan penceramah agar mengangkat topik lingkungan khutbah Jumat dan ceramah keagamaan lainnya.

Begitu juga sebaliknya, Menteri Siti Nurbaya  memberikan buku tentang kisah perjuangan bagaimana kebakaran hutan yang begitu masif pada 2015 bisa ditekan secara signifikan di tahun-tahun selanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Herdiyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper