5 Tempat Wisata Alam di Yogyakarta, Cocok Buat Kamu yang Butuh Refreshing

Liburan paling tepat untuk kamu yang menghabiskan berminggu-minggu di depan komputer, tentu saja yang turun ke alam.
 sumber: liburmulu.com
sumber: liburmulu.com

Liburan paling tepat untuk kamu yang menghabiskan berminggu-minggu di depan komputer, tentu saja yang turun ke alam.

Mata lelah dan pikiran penat pastinya butuh refresh kan? Kenapa tak mencoba objek wisata di Yogyakarta yang dekat dengan alam? Yap!

Kota yang satu ini memang tak melulu tentang sejarah keraton dan Jalan Malioboro yang fenomenal itu. Kamu juga bisa menemukan tempat-tempat seru di pinggirannya.

Nggak melulu hutan dan laut, kota dengan sebutan daerah istimewa ini bahkan punya padang pasir yang seru buat tempat bermain bareng keluarga, atau sekadar berfoto ria sama teman-teman.

Setidaknya, ada lima tempat wisata alam di Yogyakarta yang wajib banget kamu kunjungi kalau sudah berada di sini.

Ke mana saja itu? Sudah siap berangkat? Yuk langsung saja simak bareng-bareng daftar berikut ini!

1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Kamu tak bakal ingat kalau ternyata kamu sedang berada di Indonesia, di Pulau Jawa tepatnya. Suasana di sini begitu berbeda. Kamu bisa bersantai menunggu sunset, sambil menikmati semilir angin.

Kamu juga bisa main sandboarding di sini, hal yang sama yang bisa kamu lakukan jika berlibur ke Afrika. Di Gumuk Pasir Parangkusumo sini, kamu bisa berkeliling dengan ATV yang disewakan, atau jika ingin lebih seru, bisa dengan menunggang kuda.

2. Goa Jomblang

Goa ini terbentuk ribuan tahun lalu akibat proses geologi. Tanah beserta vegetasi yang ada permukaan ambles ke dasar bumi sehingga membentuk semacam sumur.

Kamu bisa turun sekitar 80 meter dari mulut ke dasar goa untuk menikmati keindahan sinar yang masuk dari lubang yang terbentuk di sana.

Ada banyak vegetasi di dalam goa ini. Pepohonan di sekitarnya pun masih rimbun. Menjelajah Goa Jomblang sungguh menengangkan dan seru.

3. Pantai Sinden & Pulau Kalong

Berbeda dengan pantai pada umumnya, Pantai Sinden tidak berpasir putih. Pantai ini berupa tebing tinggi yang berbatasan langsung dengan laut.

Di seberangnya terdapat Pulau Kalong, pulau karang berwarna hijau yang ditumbuhi tanaman liar. Kamu bisa menyeberang ke sana dengan meniti jembatan gantung yang pastinya menegangkan. Apalagi hempasan ombak di bawahnya cukup ganas, bisa-bisa bikin ciut nyalimu.

Tapi kamu wajib coba, karena pemandangan setelah perjuanganmu meniti tali, akan membayar tuntas semuanya.

4. Air Terjun Kedung Kandang

Hamparan sawah yang berpadu dengan air terjun jernih, dijamin bikin kamu terpukau saat berkunjung ke tempat ini. Air terjun Kedung Kandang ini punya 6 tingkat menurun menuju sekitaran sawah.

Namun sayangnya, kamu baru bisa menikmati keindahan tersebut jika ke sana di musim hujan. Jika tak berkesempatan melihat air terjunnya, jangan khawatir! Keindahan alam sekitar seperti pegunungan, sungai, perbukitan, dan sawah di sepanjang perjalanan sudah cukup bikin mata segar kembali.

5. Taman Wisata Alam Kalibiru

Salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang paling cocok buat kamu yang benar-benar ingin menjauhi kota, tentu saja Taman Wisata Alam Kalibiru.

Sekitar satu jam perjalanan ke barat dari pusat kota, pelan-pelan kamu bisa merasakan perubahan udara menjadi lebih sejuk.

Tak ada deru kendaraan bermotor, kamu bisa menikmati pemandangan hijau dari ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Jika ingin seru-seruan, di sana kamu juga bisa main flying fox.

Nah, itu tadi lima dari sekian banyak tempat wisata alam di Yogyakarta. Kamu bisa pilih salah satu, atau malah ingin mendatangi semuanya untuk liburan dalam waktu dekat ini.

Yang jelas, semua tempat di atas sangat direkomendasikan buat kamu yang ingin bikin segar mata dan pikiran yang penat. So, tunggu apa lagi? Yuk segera siapkan liburan kamu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper