Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tarif Trans Jateng Naik per 1 April, Penumpang Tetap Disubsidi

Pemerintah tetap memberikan subsidi mencapai Rp7.300 pada setiap penumpang.
Trans Jateng.
Trans Jateng.

Bisnis.com, SEMARANG – Setelah hampir dua tahun beroperasi, kini tarif Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng Koridor Terminal Bawen-Stasiun Tawang, Semarang per 1 April 2019 bakal naik sebesar Rp500 dan Rp1.000 untuk tiap golongan penumpang.

Kendati demikian, meski naik, pemerintah tetap memberikan subsidi mencapai Rp7.300 pada setiap penumpang. Sejak awal diluncurkan pada 7 Juli 2017, tarif BRT Trans Jateng koridor Stasiun Tawang - Terminal Bawen sejauh 43,7 km hanya Rp3.500.

Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Ginaryo menjelaskan, setelah melakukan survei pihaknya bakal menaikkan tarif per 1 April 2019.

"Kenaikan tarif ini menyesuaikan bea naik Trans Jateng di koridor lain. Seperti di Purbalingga-Purwokerto maupun angkutan massal setipe di Solo dan Jogja," katanya, Kamis (28/3/2019).

Di koridor Tawang - Bawen tersebut saat ini beroperasi 25 bus dan untuk sekali naik penumpang hanya perlu merogoh kocek Rp3.500. Dengan tarif itu, kata Ginaryo, penumpang sebenarnya telah disubsidi oleh pemerintah sebesar 60% dari bea semula.

"Sebenarnya, dari Bawen sampai Tawang itu kalau dihitung, biayanya Rp9.300 per penumpang. Sekarang kan mereka masih dikenakan Rp3.500. Berarti pemerintah kan masih mensubsidi," katanya.

Ginaryo menjelaskan, tarif Rp9.300 itu berdasarkan kalkulasi biaya operasional kendaraan. Mulai dari investasi, bahan bakar, dan lain sebagainya. Ada biaya langsung maupun tak langsung dari situ.

"Kepada operator, jalan per kilometer per bus itu bayar Rp7.500. Tarif per penumpang itu, dari bus per kilometer kita kalikan dengan load factor (faktor muat penumpang) yang ada, ketemulah Rp9.300," tuturnya.

Berdasarkan semua pertimbangan tersebut, Ginaryo telah melakukan survei untuk kelayakan biaya tarif BRT dari Tawang sampai Terminal Bawen atau sebaliknya. Hasilnya, sebanyak 42% dari 1.200 responden memberikan angka di (tarif) Rp4.000 - Rp2.000. Dengan demikian, pemerintah Jateng pun masih memberikan subsidi sebesar Rp5.300 dan Rp7.300 per penumpang.

"Per 1 April 2019 tarif Trans Jateng Bawen-Tawang dari Rp3.500 menjadi Rp4.000untuk penumpang umum. Yang pelajar sama guru dari Rp1.000 jadi Rp2.000," katanya.

Meski mengalami kenaikan tarif, Ginaryo tetap optimis bus Trans Jateng masih jadi idola masyarakat untuk angkutan umum dalam maupun antarkota. Mengingat tarif angkutan jurusan Bawen-Semarang non BRT sampai saat ini juga masih jauh lebih mahal, yakni Rp10.000 sekali naik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper