Hadirkan Aplikasi Kasir, Spots Dukung Transformasi Digital UMKM

Spots menargetkan semakin banyak pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menggunakan aplikasi kasir online itu karena dinilai mampu mempermudah operasional.
Herdiyan
Herdiyan - Bisnis.com 23 April 2019  |  16:00 WIB
Hadirkan Aplikasi Kasir, Spots Dukung Transformasi Digital UMKM
Marketing Lead Spots Diera Yosefina Hartono (dari kanan) berfoto bersama pemilik Ratu Ice Cream Putri, Sales Lead Spots Robert Kurniawan, dan Area Sales Manager Spots Dimas Herdy Utomo. - Bisnis/Herdiyan

Bisnis.com, SEMARANG – Spots menargetkan semakin banyak pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menggunakan aplikasi kasir online itu karena dinilai mampu mempermudah operasional.

Spots merupakan perangkat multifungsi atau aplikasi kasir yang bisa membantu kebutuhan pelaku UMKM, mulai dari penerimaan pesanan Go-Food, pembayaran Go-Pay, pencetakan resi, hingga penulisan laporan harian dari berbagai macam tipe pembayaran.

Marketing Lead Spots, Diera Yosefina Hartono, mengatakan pihaknya hadir sebagai penyedia sistem point of sale (POS) yang mempermudah operasional berbagai jenis usaha, terutama UMKM.

Berangkat dari berbagai kesulitan yang dialami para wirausaha dalam mengelola pesanan online dan offline, terbatasnya akses menerima pembayaran nontunai, hingga kebutuhan untuk merekap transaksi, dan sumber daya yang terbatas, Spots menawarkan solusi lewat pemanfaatan teknologi.

Adapun fitur-fitur yang ditawarkan mencakup pengaturan menu (mengatur jumlah, harga, foto, promo diskon, serta kategori menu sesuai kebutuhan); menerima pesanan Go-Food secara instan; menerima pembayaran Go-Pay dan tunai; mencatat beragam tipe pembayaran; mencetak resi instan; dan membuat rekapan penjualan harian.

Selain itu, perangkat Spots juga dilengkapi dengan printer resi instan yang tidak perlu dibeli secara terpisah, bisa dioperasikan tanpa kabel dan dimana saja, serta pembukuan otomatis. Fitur-fitur ini membantu memperlancar operasional usaha.

“Kami mengembangkan sistem aplikasi kasir online yang dibangun dengan teknologi mutakhir untuk dapat mengatasi berbagai macam kendala yang dihadapi wirausaha di Indonesia, khususnya mereka yang bergerak di bidang makanan dan minuman,” jelas Diera di Semarang, Selasa (23/4/2019).

Dengan menggunakan perangkat Spots, wirausaha mendapatkan manfaat berupa kenyamanan memonitor usaha. Pesanan, baik pesanan online maupun makan di tempat, dapat dikelola dalam satu perangkat; kenyamanan menerima pembayaran yang aman; dan kenyamanan dalam memantau omzet secara lebih praktis dengan adanya rekap transaksi yang dikirim setiap hari.

Data Badan Pusat Statistik (2018) menyebutkan bahwa jumlah pelaku UMKM yang telah memanfaatkan platform digital baru mencapai 3,79 juta pelaku atau sekitar 8%, sedangkan UMKM memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian nasional, yaitu sebesar 61,41% terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia, dengan jumlah UMKM hampir mencapai 60 juta unit.

Di sisi lain, saat ini masyarakat Indonesia tengah berkembang menuju ekosistem ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Ekonomi digital diproyeksikan menyumbang US$155 miliar terhadap PDB Indonesia dan mampu menambah 3,7 juta lapangan pekerjaan pada tahun 2025.

Oleh karena itu, solusi bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menjadi hal yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital tersebut.

“Pemanfaatan teknologi tentunya dapat membuka peluang bagi UMKM untuk bersaing di industri nasional. Untuk itu, didukung oleh tim yang memiliki kompetensi dan pengalaman di bidang teknologi, serta fokus untuk terus menciptakan inovasi terbaru, Spots relevan dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia dengan mendorong para pelaku UMKM meningkatkan skala usaha mereka,” jelas Sales Lead Spots Robert Kurniawan.

Sejak pertama kali didirikan pada 2018, Spots telah mengembangkan usahanya menjadi salah satu sistem point of sale (POS) terdepan di Indonesia. Hingga saat ini tercatat sebanyak 20.000 outlet UMKM di 50 kota di Indonesia sudah menggunakan perangkat Spots.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
aplikasi, Gojek

Editor : Herdiyan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top