Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jateng Promosikan Potensi Bisnis Agri ke Australia

Dalam kunjungan kerjanya di Australia, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mempromosikan berbagai potensi Jawa Tengah, seperti sektor agribisnis.
Borobudur Marathon 2018/Antara-Anis Efizudin
Borobudur Marathon 2018/Antara-Anis Efizudin

Bisnis.com, SEMARANG—Dalam kunjungan kerjanya ke Australia, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mempromosikan berbagai potensi Jawa Tengah, seperti sektor agribisnis.

Dikutip dari laman jatengprov.go.id, pemaparan potensi tersebut diiakukan kepada sekitar 50 pelaku usaha Negara Bagian Queensland Australia, Senin (8/7/2019).

Turut hadir dalam acara tersebut Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata.

Yasin menyampaikan, Jateng memiliki sejumlah potensi unggulan investasi di bidang pengolahan limbah atau sampah industri dan rumah sakit. Di samping itu, ada juga potensi sektor agribisnis, seperti penggemukan sapi di Kabupaten Grobogan, dan peternakan sapi ongole Kabupaten Kebumen.

Selanjutnya, kawasan peternakan sapi terpadu Kabupaten Boyolali, pembibitan ikan nila Kabupaten Pati, serta industri ikan dan udang terpadu Kabupaten Cilacap.

“Jateng menyumbang 9 persen pangan nasional dan memberikan 14 persen kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto,” ucapnya melalui siaran pers, Selasa (9/7/2019).

Paparan itu pun menarik perhatian pengusaha Integreted Farming, Walter Bailey. Walter memberikan sinyal ingin bekerja sama untuk mengembangkan produk pertanian dan peternakan di Jateng.

Pada kesempatan itu, dilakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) bisnis antara Jateng yang diwakili PT Pinako Rotari Permai Jateng dengan Australis Leisure PTY Ltd Brisbane.

“Kami berharap, semoga kerja sama ini bisa langgeng demi kepentingan bersama,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan, Pariwisata, dan Olahraga (Disporapar) Jateng Sinoeng Nugroho Rachmadi menambahkan, potensi kerjasama di bidang pariwisata juga dipromosikan di sana.  Misalnya gelaran akbar bertaraf internasional Borobudur Marathon, yang digelar November 2019.

“Borobudur Marathon ini sangat menarik bagi negara sahabat. Semoga dari acara ini, ada banyak potensi kerasama yang bisa digali,” terangnya.

Sejumlah objek wisata di sejumlah daerah di Jateng pun ikut dipromosikan, seperti Wisata Pulau Panjang di Jepara, Wisata Sigandu di Batang, kawasan Agro Edu Ecotourism Tlogo di Kabupaten Semarang, dan Menoreh Resort di Kabupaten Magelang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper