Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Citilink Layani Penerbangan Carter Solo-Tiongkok

Penerbangan rute internasional Solo – Kunming, Tiongkok, resmi beroperasi mulai 1 Agustus 2019 melalui Bandara Adi Soemarmo.
Ilustrasi./Bisnis-Felix Jody Kinarwan
Ilustrasi./Bisnis-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, SOLO — Penerbangan rute internasional Solo – Kunming, Tiongkok, resmi beroperasi mulai 1 Agustus 2019 melalui Bandara Adi Soemarmo.

Rute baru ini dilayani oleh maskapai low cost carrier (LCC) Citilink dengan kontrak selama satu tahun. Namun demikian, ini bukanlah rute dengan penerbangan reguler melainkan bersifat carter.

Station Manager Citilink Bandara Adi Soemarmo, Rudi, mengatakan rute Solo – Kunming bersifat penerbangan carter langsung dari Tiongkok. Sebelumnya, gelombang pertama rombongan besar wisman asal Tiongkok mendarat di Solo pada Kamis (11/7).
Rombongan pertama ini datang ke Solo melalui Denpasar, Bali. Adapun penerbangan langsung Kunming – Solo ini dibuka mulai Kamis (1/8). Ini termasuk gelombang kedua yang membawa sebanyak 174 pax wisatawan asing asal Tiongkok.

“Penerbangan ini langsung Solo – Kunming, tapi sifatnya charter flight yang bakal dilayani sepekan sekali,” ujarnya kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, Kamis (1/8/2019).

Rudi menambahkan penerbangan Kunming – Solo yang membawa wisman Tiongkok ini mendarat di Bandara Adi Soemarmo setiap Kamis. Mereka dijadwalkan tiba setiap Kamis pukul 06.45 WIB. Sedangkan mereka bakal pulang pada Rabu pekan berikutnya dengan penerbangan pukul 18.45 WIB.

Di sisi lain, penerbangan carter ini dilayani dengan pesawat carter Citilink A320 jenis narrow body Airbus. Pesawat ini sama dengan yang digunakan rombongan pertama wisman Tiongkok, bulan lalu. Selain itu, pesawat ini memiliki kapasitas sebanyak 180 seat.

“Pada pekan ini misalnya mereka ke sini. Minggu depannya mereka diantar pulang kembali ke Tiongkok. Jarak Solo - Kunming sekitar 6 jam terbang,” imbuhnya.

Humas Bandara Adi Soemarmo, Danardewi, menambahkan kedatangan wisman asal Tiongkok ini menjadi rombongan besar kedua yang mendarat di Bandara Adi Soemarmo. Jika dulu mereka terbang dari Denpasar, Bali, kali ini mereka langsung datang dari Tiongkok.

“Rombongan ini langsung dari Tiongkok. Selain itu, kami sambut seperti dulu, yakni disuguhi tarian topeng ireng,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Solopos

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper