Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nikmati Pedasnya Ayam Taliwang di Solo

Menu ayam taliwang menjadi salah satu andalan The Sunan Hotel Solo pada bulan Agustus 2019. Dalam menyambut hari kemerdekaan, hotel tersebut memang mengedepankan menu-menu khas nusantara, terutama heritage food
Ayam Taliwang ala The Sunan Hotel Solo
Ayam Taliwang ala The Sunan Hotel Solo

Bisnis.com, SOLO—Menu ayam taliwang menjadi salah satu andalan The Sunan Hotel Solo pada bulan Agustus 2019. Dalam menyambut hari kemerdekaan,  hotel tersebut memang mengedepankan menu-menu khas nusantara, terutama heritage food.

Executive Sous Chef The Sunan Hotel Solo Budi Prasetyo menyampaikan, setiap bulan hotelnya selalu menyajikan menu dengan tema tertentu. Pada bulan ini, menu andalan yang masuk dalam daftar pemesanan terbanyak ialah ayam taliwang dan mi godok Kartosuro.

Ayam taliwang yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat, terkenal akan rasanya yang cenderung pedas gurih. Tim chef The Sunan Hotel pun mencoba mengkreasikannya dan menyesuaikannya dengan lidah masyarakat Solo.

“Untuk penyesuaian dengan lidah masyarakat Solo, ayam taliwang kami ada penambahan gula. Selain itu, ayam taliwang Lombok menonjolkan kelegitan dari terasi, cabe, dan ebi, dengan rasa asin. Di sini kita turunkan rasa asinnya,” tutur Budi kepada Bisnis baru-baru ini.

Menurutnya kuliner yang diterima dimana-mana belum tentu berhasil memuaskan lidah masyakarat Solo, karena memiliki selera yang unik. Bahkan selera tersebut berbeda dengan masyarakat Semarang, yang notabene masih dalam satu provinsi.

Oleh karena itu, peramu masakan perlu memerhatikan pencampuran gula dan garam. Selain itu, menu-menu autentik dari berbagai daerah membutuhkan kreasi lebih lanjut agar dapat diterima.

Dalam ayam taliwang khas The Sunan Hotel Solo misalnya, dimana sambalnya disajikan di atas ayam panggang. Padahal bumbu sambal ayam taliwang khas Lombok dibalurkan ke sekujur ayamnya.

Sajian inovasi sambal seperti itu membuat penikmat ayam taliwang dapat menyesuaikan tingkat kepedasannya. Selain itu, sensasi rasa sambal yang berbeda dapat dinikmati dengan mencampurkan irisan sereh atau irisan bawang merah.

Ayamnya sendiri sudah diungkep dengan rasa cenderung manis, sehingga legit dan empuk. Sangat pas rasanya bila dipadukan dengan sambal, nasi putih, dan taburan bawang goreng. Ayam taliwang itu juga disajikan dengan sayuran lalapan segar, seperti timun, tomat, dan kacang panjang.

Aroma sereh dan cabai cukup mendominasi ayam taliwang khas The Sunan Hotel Solo, sehingga menambah selera untuk menyantapnya. Secara keseluruhan, sensasi rasa yang ditimbulkan ialah nikmat, pedas, dan segar.

Chef Budi menjelaskan, beragam rasa yang ada di ayam taliwang terutama berasal dari sambalnya. Sambal tersebut menggunakan sejumlah bahan seperti bawang merah, kemiri, sereh, dan komponen lainnya yang dimasak, sehingga memunculkan rasa yang lebih dalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper