Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Malam Sekaten Digelar Dua Tahun Sekali

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X memastikan Pasar Malam Perayaan Sekaten yang biasanya meramaikan Hajad Dalem Sekaten selanjutnya akan digelar dua tahun sekali.
Ilustrasi Pasar Malam Sekaten./JIBI-Sunartono
Ilustrasi Pasar Malam Sekaten./JIBI-Sunartono

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X memastikan Pasar Malam Perayaan Sekaten yang biasanya meramaikan Hajad Dalem Sekaten selanjutnya akan digelar dua tahun sekali.

"Untuk pasar malam itu dua tahun sekali kesepakatannya dengan kota (Pemerintah Kota Yogyakarta)," kata Sultan usai pelantikan Penjabat Sekretariat Daerah di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Jumat.

Dengan demikian, dia menjelaskan, pasar malam tidak akan meramaikan Hajad Dalem Sekaten tahun ini. Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) yang biasanya digelar di Alun-alun Utara itu baru akan digelar kembali tahun depan.

"Tahun depan, kesepakatan kita keramaian itu dua tahun sekali," kata Sultan.

Sultan mengatakan bahwa selaku penanggung jawab penyelenggaraan tersebut, Pemerintah Kota Yogyakarta mestinya segera menyampaikan pengumuman mengenai perubahan agenda PMPS.

"Ya yang mengumumkan Kota, tapi tidak segera diumumkan, kan kasihan yang mau Sekaten," kata Raja Ngayogyakarta Hadiningrat itu.

Sebelumnya, Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan Kridhamardawa Keraton Ngayogyakarta KPH Notonegoro mengatakan PMPS tidak setiap tahun digelar karena menurut penilaian Sultan HB X bahwa apabila pasar malam itu digelar setiap tahun, maka kondisi Alun-alun Utara tidak akan pernah bagus.

"Karena setiap kali habis dipakai pasar malam Alun-alun itu pasti kondisinya sudah tidak karu-karuan. Rumputnya habis, kotor, dan sebagainya," kata menantu Sultan HB X itu pada Kamis (3/10).

Selain untuk melindungi kondisi Alun-alun Utara, menurut dia, peniadaan PMPS tahun ini juga dimaksudkan untuk mengembalikan makna dan sejarah Sekaten yang telah berlangsung ratusan tahun dengan pusat kegiatan di Masjid Gedhe Kauman.

PMPS, kata dia, pada dasarnya memang bukan bagian dari rangkaian kegiatan upacara Sekaten yang digelar setiap tahun.

Tradisi sekaten setiap tahun diawali dengan prosesi Miyos Gangsa, Kondur Gangsa, dan puncaknya adalah Garebeg Mulud. Ketiga prosesi itu tahun ini akan digelar tanggal 1,9, dan 10 November 2019. Keraton Yogyakara juga akan menggelar pameran budaya selama 1 sampai 9 November.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper