Pendaftaran CPNS: Pemohon Surat Kesehatan Membludak, Loket RSUD Wates Ditutup Lebih Awal

Pemohon surat kesehatan jasmani dan rohani di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates membludak pada Kamis (14/11/2019). Bahkan, loket harus ditutup lebih awal lantaran sudah melebihi kuota.
Lajeng Padmaratri
Lajeng Padmaratri - Bisnis.com 14 November 2019  |  18:13 WIB
Pendaftaran CPNS: Pemohon Surat Kesehatan Membludak, Loket RSUD Wates Ditutup Lebih Awal
Ilustari pendafataran CPNS online. - menpan.go.id

Bisnis.com, WATES - Pemohon surat kesehatan jasmani dan rohani di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates membludak pada Kamis (14/11/2019). Bahkan, loket harus ditutup lebih awal lantaran sudah melebihi kuota.

Kepala Seksi Keperawatan RSUD Wates, Warsito, menyebutkan sejak tiga hari ini pemohon surat kesehatan jasmani dan rohani naik hingga 10 kali lipat dari hari-hari biasa. Bahkan, hari ini (14/11/2019) Warsito harus menutup loket pendaftaran lebih awal yaitu pada pukul 09.00 karena pendaftar sudah mencapai 227.

"Sebenarnya kami tidak ada batasan pasti, tapi angka 200 itu sudah banyak sekali. Hari biasa paling hanya 20 orang. Dokter kami hanya satu orang, jadi terpaksa kami tutup," kata Warsito pada Harian Jogja ketika ditemui di ruangannya.

Ia menyebutkan mayoritas pemohon mencari surat sehat untuk keperluan mendaftar CPNS. Antrean sudah tampak sejak pukul 07.00 WIB meskipun pelayanan baru dimulai pukul 07.30 WIB. "Saya tadi pagi datang jam 07.10 WIB sudah ada yang antre, langsung kita layani saja," kata dia.

Walau pendaftaran sudah ditutup lebih awal, tetapi para pemohon bisa menitipkan lembar pendaftaran pasien baru ke bagian pendaftaran untuk diikutsertakan dalam antrean esok hari. "Yang sudah hadir di sini tapi belum mendaftar, kita data untuk kita prioritaskan ikut antrean besok pagi," katanya.

Normalnya, operasional pelayanan bagi pemohon surat sehat jasmani dan rohani akan berakhir hingga pukul 14.00 WIB. Namun, karena pemohon membludak, pelayanan bisa molor sampai pukul 17.00 WIB.

Dijelaskannya, kebanyakan pemohon kali ini mengecek kesehatan jasmani di poli umum dan kesehatan rohani di poli jiwa. Kedua poli tersebut hanya ditangani oleh masing-masing satu dokter, sehingga Warsito tidak bisa mengakomodasi keseluruhan pemohon yang hadir pada satu hari.

"Ini situasional, ya. Karena ada CPNS ya wajar saja pemohon meningkat, untungnya dokternya masih muda jadi ada tenaga melayani sampai sore. Kemarin sore sampai jam 17.00 WIB," katanya.

Warsito menyebutkan di RSUD Wates juga melayani pemohon surat keterangan disabilitas. "Pada Senin (11/11/2019) lalu juga sudah ada yang minta, satu orang," kata dia.

Salah satu pemohon, Alissa Jihan Prameswari, 22, menuturkan dirinya mencari surat keterangan sehat untuk keperluan CPNS. "Yang poli jiwa saya dapet antrean nomor 211 hari ini," kata Alissa.

Ia sudah beberapa kali mencari surat keterangan sehat di RSUD Wates untuk berbagai keperluan dan selalu dilayani dengan baik. "Wajar banget hari ini ramai [karena ada momen CPNS]," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kulon progo, cpns

Sumber : Harian Jogja

Editor : Sutarno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top