Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Jateng Syariah Meriahkan iB Vaganza 2019

Otoritas Jasa Keuangan dan 21 Lembaga Keuangan Syariah menggelar expo keuangan syariah iB (Islamic Bank) Vaganza di kota Solo.
 Direktur Bisnis Ritel dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng Hanawijaya (kiri) memukul beduk saat pembukaan iB Vaganza 2019/Bisnis-Alif
Direktur Bisnis Ritel dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng Hanawijaya (kiri) memukul beduk saat pembukaan iB Vaganza 2019/Bisnis-Alif

Bisnis.com, SOLO -  Otoritas Jasa Keuangan dan 21 Lembaga Keuangan Syariah menggelar expo keuangan syariah iB (Islamic Bank) Vaganza di kota Solo.

Kegiatan melanjutkan kesuksesan penyelenggaraan kegiatan edukasi perbankan syariah di kota-kota sebelumnya,

Adapun, iB Vaganza merupakan bentuk sinergi antara OJK dan pelaku industri keuangan syariah untuk memberikan edukasi dan kemudahan akses terhadap keuangan syariah bagi masyarakat.

iB Vaganza Solo 2019 telah diselenggarakan di Solo Paragon Mall mulai 22 – 24 November 2019 (Jumat-Minggu).

Peresmian penyelenggaraan iB Vaganza Solo 2019 dilakukan oleh Wakil Walikota Solo Achmad Purnomo, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Solo Eko Yunianto, Ketua Perwakilan Bank Indonesia Solo Bambang Pramono.

Selain itu hadir juga Deputi Direktur Literasi dan Informasi Otoritas Jasa Keuangan Greta Joice Siahaan, Direktur Bisnis Ritel dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng Hanawijaya dan Pemimpin Cabang BCA Syariah Solo Lenny Herawati, ditandai dengan pemukulan beduk yang dilakukan  bersama-sama di panggung utama iB Vaganza Solo.  

Direktur Bisnis Ritel dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng Hanawijaya bersama BCA Syariah selaku PIC iB Marcomm Perbankan Syariah dan  sebagai penyelenggara event iB Vaganza mengucapkan terima kasih kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas segala dukungan sehingga event ini dapat terselenggara dengan baik. 

Hanawijaya memaparkan bahwa Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar memiliki potensi akan berkembangnya ekonomi syariah yang besar pula.

Namun hal tersebut belum terlihat nyata, dilihat dari indikator market share keuangan syariah, posisi semester I Tahun 2019 masih berkutat di angka 8,29% dan market share perbankan syariah di angka 5,95%.

Akhir-akhir ini merupakan momentum untuk berkembangnya ekonomi syariah di Indonesia. Para pelaku usaha berlomba-lomba untuk memasang label halal pada produknya. Tidak hanya makanan, kosmetik, fashion, bahkan perkakas rumah tangga pun memiliki label halal.

"Label halal harusnya tidak sebatas dari material dan proses pembuatan yang sesuai syariah, tetapi dalam transaksi keuangannya pun harus menggunakan lembaga keuangan syariah juga.” kata Hanawijaya melalui siaran pers yang diterima Minggu (24/11/2019).

Menurutnya, hal ersebut merupakan langkah besar yang perlu mendapat dukungan dari seluruh stakeholder. Pemerintah Indonesia saat ini juga menggalakkan ekosistem halal sebagai upaya dalam peningkatan ekonomi syariah di Indonesia. 

Perlu adanya sinergi dari semua sektor untuk menciptakan ekosistem halal. Dengan iB Vaganza yang dilakukan secara masif dan terintegrasi diharapkan dampaknya tidak hanya berlaku untuk industri perbankan syariah saja namun juga berlaku untuk seluruh industry jasa keuangan syariah secara keseluruhan.

"Sehingga masyarakat menjadi paham menggunakan produk keuangan syariah seperti tabungan, pembiayaan dan jasa lainnya milik Bank Syariah," katanya.

Sebagai informasi, pada expo iB Vaganza kali ini Bank Jateng Syariah memberikan gimmick hadiah langsung yang menarik bagi pengunjung yang melakukan pembukaan rekening baik tabungan, giro maupun deposito dan games instagram competition.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper