Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Honda Klaim, Masih Kuasai Penjualan Motor Matic di Jateng

Pasar motor matic Honda di Jawa Tengah (Jateng) ternyata mendominasi penjualan pada tahun 2019 ini.
Honda BeAT eSP/istimewa
Honda BeAT eSP/istimewa

Bisnis.com, SEMARANG - Pasar motor matic Honda di Jawa Tengah (Jateng) ternyata mendominasi penjualan pada tahun 2019 ini.

Data penjualan Astra Motor Jateng pada November kemarin sebanyak 325.000 motor terjual yang didominasi oleh motor matic.

Region Head Astra Motor Jateng, Ronaldo Widjaja mengatakan dominasi penjualan matic di Jateng kontribusi paling besar disumbangkan oleh Honda Beat series, karena merupakan motor first entry.

“Di sisi lain juga ada varian matic lain, misalnya Scoopy, PCX, ADV, Genio dan Vario series, dari jumlah penjualan kontribusi matic paling besar,” katanya Senin (2/12/2019).

Dia menjelaskan, animo masyarakat terhadap pasar otomotif pada semester dua ini dinilai lebih baik dibandingkan semester satu lalu.

Tren penjualan semakin baik menjelang akhir tahun 2019, dan prediksinya akan bertahan sampai tahun 2020 mendatang. 

“Pasar Genio saat ini pun mulai naik dan diminati karena modelnya yang futuristik. Tapi kota ngga mau kalau Genio memakan pasar matic lainnya. Basicnya orang di Jateng ini lebih suka matic,” tambahnya.

Sementara itu, matic premium Honda yakni Honda ADV pun menjadi salah satu penyumbang besarnya pasar matic Honda di Jateng. Dalam sebulan Ronaldo mengaku bisa menjual 700 unit Honda ADV perbulan. 

“Angka ini pun masih banyak yang inden, salah satunya warna merah tipe ABS. Sementara pasar sportnya masih belum begitu mendominasi, produk andalan kami masih CB 150,” bebernya.

Untuk target penjualan pada 2020, Ronaldo menargetkan bisa menjual 400.000 unit motor dalam satu tahun. Disinggung apakah ada produk baru yang akan diluncurkan ke pasar jelang akhir tahun ataupun awal tahun, pihaknya enggan berkomentar banyak.

“Kalau produk baru dari pusat lah. Kalau kontribusi penjualan terbesar masih di karisidenan Pekalongan,” ujarnya.

 Sementara itu, Marketing Director AHM Thomas Wijaya, menjelaskan jika penjualan motor di Indonesia, masih didominasi di wilayah Jawa, Jabodetabek, Bali dan lain sebagainya.

“Honda ADV misalnya, secara nasional kita bisa menjual 10 ribu unit perbulan, nah yang beli dominan dari daerah tadi,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper